• Kamis, 7 Juli 2022

Gawat? Kota Blitar Ada Sebanyak 96 Sapi Suspek PMK, Terbanyak di Kecamatan Sukorejo

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:53 WIB
Ilustrasi PMK
Ilustrasi PMK

Blitar, koranmemo.com - Kota Blitar akhirnya menyusul Kabupaten Blitar soal Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Setelah sebelumnya dinyatakan nihil, akhirnya ditemukan sapi suspek PMK.

Berdasarkan pendataan dan penelusuran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Blitar, ada setidaknya 96 ekor sapi suspek PMK.

Dinas yang berkantor di Jalan Trembesi Kota Blitar itu juga mengidentifikasi, Kecamatan Sukorejo merupakan wilayah yang paling banyak suspek.

"Ada sebanyak 96 ekor yang suspek dan terbanyak di Kecamatan Sukorejo. Kecamatan lain hanya beberapa saja," kata Kepala DKPP Kota Blitar, Rodiyah, Kamis (23/6).

Baca Juga: Diduga Edaran Ratusan Butir Pil Dobel L, Pekerja Serabutan Asal Ngancar Ditangkap Polres Kediri

Menurut Rodiyah, temuan kasus PMK itu berdasarkan pemetaan dalam tempo dua minggu. Banyak pemilik sapi yang mengeluhkan sapinya ada gejala mirip PMK.

Di antaranya ada ruam di mulut dan langit-langit di atas lidah. Selain itu nafsu makan berkurang. Akhirnya warga pun melaporkan kejadian ke dinas. Oleh petugas dicek dan dinyatakan suspek PMK.

"Oleh petugas ditangani langsung dengan beberapa ekor bisa sembuh. Sampai saat ini petugas terus memantau kondisi sapi," katanya.

Rodiyah pun memberi tips atau saran kepada pemilik sapi agar bisa sembuh. Ketika ada yang suspek segera pisahkan dengan sapi yang lain. Ini agar tak menular.

Baca Juga: 66 ASN Pemkab Kediri Masuki Masa Pensiun Per 1 Juli 2022, Ini Prosedur Penggantinya

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Syarat Pendaftaran Pemantau Pemilu

Senin, 4 Juli 2022 | 13:13 WIB
X