• Kamis, 7 Juli 2022

Pasar Hewan Tulungagung Dibuka Menjelang Iduladha, DPRD Khawatir Akan Memperburuk Kondisi PMK

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:27 WIB
Terlihat aktivitas perdagangan pasar hewan di Tulungagung saat masih dibuka. (isal/memo)
Terlihat aktivitas perdagangan pasar hewan di Tulungagung saat masih dibuka. (isal/memo)

Tulungagung, koranmemo.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung rupanya tidak sepakat dengan rencana pembukaan pasar hewan menjelang Hari Raya Iduladha.

DPRD tidak sepakat rencana pembukaan pasar hewan di Kabupaten Tulungagung lantaran rawan terjadinya penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Tidak sepakatnya DPRD terkait rencana pembukaan pasar hewan, mengingat pedagang luar daerah diperbolehkan masuk Tulungagung meski dengan syarat harus membawa surat keterangan sehat hewan.

Baca Juga: Anggota Dewan Kabupaten Kediri Serap Aspirasi Masyarakat, Kuncurkan Dana Stimulan pada 60 PKL

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Tulungagung, Sofyan Heryanto mengatakan, adanya rencana pembukaan pasar hewan menjelang Hari Raya Iduladha justru membuatnya khawatir.

Rencana pembukaan pasar hewan selama 10 hari dinilai berpotensi membuat pedagang membludak.

Sementara perkembangan PMK di Tulungagung kini terus meningkat, sehingga dikawatirkan dibukanya pasar hewan justru memperburuk keadaan atau PMK.

"Rencana pembukaan pasar hewan itu tidak ada koordinasi dengan kami, bahkan kami baru tahu jika pada 28 Juni akan mulai dibuka sampai 8 Juli," kata Sofyan Heryanto, Kamis (23/6).

Baca Juga: Gawat? Kota Blitar Ada Sebanyak 96 Sapi Suspek PMK, Terbanyak di Kecamatan Sukorejo

Berdasarkan informasi yang didapatnya, jelas Sofyan, pembukaan pasar hewan rupanya juga memperbolehkan pedagang luar daerah berjualan di Tulungagung, meski dengan syarat menyertakan surat keterangan sehat bagi hewan ternak yang dibawanya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X