• Rabu, 5 Oktober 2022

Masyarakat 4 Desa di Tulungagung Rayakan Tradisi Upacara Ulur-ulur

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:15 WIB
Terlihat serangkaian prosesi ritual dalam perayaan upacara tradisi ulur-ulur oleh masyarakat 4 desa di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung (isal/memo)
Terlihat serangkaian prosesi ritual dalam perayaan upacara tradisi ulur-ulur oleh masyarakat 4 desa di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung (isal/memo)

 

 

Tulungagung, koranmemo.com - Masyarakat empat desa di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung merayakan tradisi ulur-ulur di Telaga Buret Desa Sawo Kecamatan Campurdarat, Jumat (24/6/2022).

Jejak arkeologis dari perayaan tradisi ulur-ulur yang merupakan warisan leluhur tersebut diyakini sudah ada sejak era Kerajaan Majapahit, dan dirayakan oleh 4 desa di Kecamatan Campurdarat.

Perayaan tradisi ulur-ulur di Telaga Buret Desa Sawo Kecamatan Campurdarat yang dirayakan oleh 4 desa pada tahun ini, sudah mulai berjalan cukup normal dibanding dua tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pilkada 2024, Bawaslu Kota Madiun Mengajukan Dana hingga Rp 9,6 Miliar

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Telaga Buret, Karsi Nero mengatakan, akibat pembatasan kegiatan selama pandemi, perayaan tradisi ulur-ulur dilakukan secara terbatas, sehingga tidak semua masyarakat bisa ikut merayakan.

Meski tahun ini pandemi sudah menurun, namun masih ada pembatasan pada perayaan ulur-ulur, terkit pentas seni seperti jaranan dan reog.

Namun demikian, pihaknya akan mengusahakan agar perayaan tradisi ulur-ulur tahun depan bisa besar dan meriah layaknya tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Ikuti Aturan Pusat, Pemkot Madiun Akan Mengalihkan Tenaga Honorer Menjadi PPPK

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X