• Senin, 15 Agustus 2022

Sapi Mati PMK Bakal Dapat Ganti Rugi, Ini Kata Bupati Ponorogo

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:59 WIB
Petugas Kesehatan saat memeriksa sapi yang terpapar PMK.
Petugas Kesehatan saat memeriksa sapi yang terpapar PMK.

Ponorogo, koranmemo.com - Ratusan sapi di Ponorogo yang mati akibat penyakit mulut dan kuku (PMK) bakal segera mendapat ganti rugi dari pemerintah. Nantinya setiap slapo yang mati akan diganti rugi senilai Rp 10 Juta.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyebut bahwa pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk tehnis (Juknis) terkait proses ganti rugi dari pemerintah pusat.

"Masih nunggu juklak dan juknis dari pusat," ungkap Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Tradisi Ulur-ulur di Campurgarat Sudah Ada Sejak Jaman Kerajaan Majapahit

Dirinya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Jawa Timur agar pencairan dana ganti rugi tersebut bisa segera terlaksana. Hal ini karena jumlah kematian sapi di Ponorogo khususnya di kecamatan Pudak sudah mencapai 195 ekor.

"mudah mudahan cepat keluar Juklak Juknis biar kami bisa melaksanakan, karena harus diskresi," imbuhnya.

Selain itu, Pemkab juga telah menyiapkan dana penguburan bagi setiap sapi yang mati senilai Rp 500 ribu. Dana tersebut menurut Sugiri sudah berada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo yang berasal dari bantuan tidak terduga (BTT) senilai Rp 2 Miliar.

"sudah kami taruh di BPBD, jadi yang memakamkan adalah Desa agar membentuk tim, kemudian diganti oleh BPBD," terangnya.

Baca Juga: Festival Beji Kampung Tempe di Kota Batu, Sebanyak 77 Anggota PKK atau Emak-emak Gelar Demo

Selain bantuan penguburan, pihaknya juga sudah mendistribusikan sebanyak 300 pak paket sembako yang diberikan kepada peternak yang terdampak. Sebab saat ini mayoritas peternak tidak memiliki penghasilan karena sapinya banyak yang terpapar PMK.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tumplek Blek, 307 Grup Reog Meriahkan HUT Ponorogo

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:07 WIB
X