• Selasa, 27 September 2022

Antisipasi Kecurangan PPDB, Ini Pesan Kadispendik Surabaya

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:13 WIB
Kadispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh saat diwawancarai. (fauzi/koranmemo.com)
Kadispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh saat diwawancarai. (fauzi/koranmemo.com)

Surabaya, koranmemo.com - Untuk antisipasi adanya kecurangan dan ketidaktransparanan saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022, maka Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya menyarankan agar masyarakat terus melakukan pemantauan.

"Saya sampaikan, tujuan dilaksanakan PPDB online itu para warga turut bisa memantau, apalagi antara jarak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan SMP Swasta sangatlah berdekatan, dan itupun masih dalam satu lokasi di Surabaya," ucap Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kota Surabaya Ir. Yusuf Masruh, M.M., saat diwawancarai disela menghadiri Peresmian Kampung Batik di Kelurahan Gundih, Bubutan, Surabaya, Jum'at (24/6), malam.

Yusuf kembali berpesan bahwa, dengan diberlakukan PPDB tersebut bertujuan sesuai kondisional. Yang mana kalau jalur zonasi itu sesuai dengan jaraknya.

"Toh ya antara sekolah negeri dah sekolah swasta di Surabaya sekarang sama, tidak ada yang dibedakan," katanya.

Baca Juga: Liburan Sekolah…Daop 8 Akomodir Kebutuhan Pelanggan, KA Sancaka Relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta

Sehingga, lanjutnya, bagi calon peserta didik baru (CPDB) atau orang tua bagi putra putrinya belum ada kesempatan bisa sekolah ke negeri, juga mendaftar masuk ke sekolah swasta.

"Nah, ini supaya apa? Supaya, orang tua tidak harus mengejar dan menginginkan ke sekolah negeri saja, dan itupun sama di sekolah swasta," ungkap Yusuf.

Disampaikan antisipasi suatu kecurangan saat PPDB di SMP Negeri itu dengan menampilkan yang sudah diranking, jadi warga bisa saling bersama-sama mengetahui.

Baca Juga: Geger! Warga Binaan Kasus Narkoba Meninggal di Kamar Lapas Blitar, Ini Kronologinya

Kemudian, Yusuf juga menjamin kalau semisal dari Kepala Sekolah (Kepsek) apabila melakukan kecurangan PPDB, menurutnya sangatlah tidak mungkin. Karena, dengan data tersebut terus disinergikan dan ditindaklanjuti pada profil Dapodik ke sekolah negeri masing-masing.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Biliar Porwarnas Jatim Asah Kemampuan

Rabu, 21 September 2022 | 17:42 WIB

Mas Dhito Ikut Nyales, Produk UMKM Ludes

Kamis, 28 Juli 2022 | 21:15 WIB
X