• Senin, 15 Agustus 2022

Ponorogo Dapat Jatah 8.000 Dosis Vaksin PMK

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:19 WIB
vaksin saat tiba di Kantor Dipertahankan Kabupaten Ponorogo
vaksin saat tiba di Kantor Dipertahankan Kabupaten Ponorogo

Ponorogo, koranmemo.com - Sebanyak 8.000 dosis vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) akhirnya tiba di kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo.

Seluruh vaksin PMK asal negara Perancis tersebut saat ini disimpan di ruangan khusus yang dilengkapi lemari pendingin milik Dipertahankan.

Pejabat Otoritas Veteriner, Siti Barokah, mengatakan dari 8.000 dosis vaksin tersebut 7.000 diantaranya akan disuntikan kepada sapi perah yang ada di Pudak. Sedangkan sisanya akan disebar kepada sapi pedaging yang ada di Ponorogo.

"Setiap sapi disuntik 2 ml. Satu botol vaksin isinya 200 ml jadi bisa digunakan untuk 100 sapi," ungkap Barokah, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Antisipasi Kecurangan PPDB, Ini Pesan Kadispendik Surabaya

Dirinya menambahkan bahwa setiap sapi akan mendapatkan sebanyak dua kali suntikan vaksin. Dimana penyuntikan dosis pertama akan dilakukan pada Minggu depan, sedangkan untuk dosis kedua masih menunggu kiriman dari pemerintah.

"alokasi vaksin PMK dari provinsi juga menurut populasi sapi yang ada," terang Barokah.

Barokah mengungkapkan data dari Dipertahankan saat ini jumlah populasi sapi di Kabupaten Ponorogo sebanyak 70.000 ekor dan 9.000 diantaranya merupakan sapi perah.

Vaksin tersebut dialokasikan kepada sapi perah, pasalnya hampir semua daerah yang saat ini terdampak PMK sebagian besar diantaranya adalah sapi perah.

Baca Juga: Liburan Sekolah…Daop 8 Akomodir Kebutuhan Pelanggan, KA Sancaka Relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tumplek Blek, 307 Grup Reog Meriahkan HUT Ponorogo

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:07 WIB
X