• Selasa, 9 Agustus 2022

Hewan Ternak di Tulungagung Mulai Divaksin, Ini Sasarannya

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:35 WIB
Petugas kesehatan hewan saat menyuntikkan vaksin PMK pada sapi perah di Tulungagung. (Disnakeswan Tulungagung)
Petugas kesehatan hewan saat menyuntikkan vaksin PMK pada sapi perah di Tulungagung. (Disnakeswan Tulungagung)

 

Tulungagung, koranmemo.com - Hewan ternak di dua Kecamatan yang menjadi sentra produksi susu di Tulungagung mulai dilakukan vaksinasi pada Sabtu (25/6).

Diketahui dari total 170 ekor hewan ternak di Tulungagung, dosis vaksin yang didapat hanya sebanyak 40 ribu saja.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Tulungagung, Mulyanto mengatakan, pada pemberian vaksin PMK tahap pertama ini dilakukan di dua desa terlebih dahulu yakni Desa Gambiran Kecamatan Pagerwojo dan Desa Sendang Kecamatan Sendang.

Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, terdapat sejumlah 35 Tim Vaksinator yang mana 20 tim diantaranya melakukan vaksinasi di Desa Sendang, sedangkan 15 tim sisanya melakukan vaksinasi di Desa Gambiran.

Baca Juga: Banyak Pedagang Takut Hewan Ternaknya Terpapar PMK, Begini Situasi Pembukaan PHT

"Vaksinasi hari ini dilakukan secara serentak. Kami targetkan satu tim vaksinator mampu melakukan vaksinasi 100 ekor per hari," kata Mulyanto, Sabtu (25/6).

Secara teknis, jelas Mulyanto, nantinya setiap hewan ternak yang divaksin akan mendapatkan jatah tiga kali vaksin PMK yang akan diberikan setiap satu bulan sekali.

Hanya saja vaksin tersebut dikhususkan untuk hewan ternak yang kondisinya sehat. Sedangkan hewan ternak yang kondisinya sakit tentunya harus diobati dulu, barulah bisa mendapat vaksinasi.

Menurutnya, dikarenakan Tulungagung masih mendapatkan 40 ribu dosis vaksin PMK, pihaknya akan kembali mengusulkan penambahan vaksin PMK lagi kepada Pemprov Jatim lantaran jumlah hewan ternak di Tulungagung yang mencapai 170 ribu.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X