Sulit Meninggalkan Hal Lama? Kemdikbud Berikan Tips Bangun Kebiasaan Baru

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:13 WIB
Kamu sulit meninggalkan hal lama dan ingin sekali meninggalkannya? Kemdikbud berikan tips membangun kebiasaan baru.  ( instagram @kemdikbud.ri)
Kamu sulit meninggalkan hal lama dan ingin sekali meninggalkannya? Kemdikbud berikan tips membangun kebiasaan baru. ( instagram @kemdikbud.ri)
 
koranmemo.com – Membangun Kebiasaan Baru cenderung sulit bagi kita yang sudah terlalu lama membiasakan diri dengan kebiasaan lama. Padahal kebiasaan baru yang baik perlu kita lakukan. Tentunya kita membutuhkan Tips Membangun Kebiasaan Baru.
 
Jangan khawatir, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia membagikan Tips Membangun Kebiasaan Baru dengan sangat efesien dan bermanfaat.
 
Melalui akun instagram pribadinya, Kemdikbud memberikan Tips Membangun Kebiasaan Baru yang mana membuat kita mudah memulainya.
 
“#SahabatDikbud ingin memulai kebiasaan baru seperti bangun tidur lebih pagi atau rajin berolahraga tetapi rasanya sulit? Kita bisa mulai dengan mengenali kebiasaan yang sesuai dengan kemampuan dan memiliki motivasi kuat untuk menjalankannya,” tulis Kemdikbud di akun instgram resminya Minggu (26/6).
 
 
Berikut ini Tips Membangun Kebiasaan Baru ala Kemdikbud Republik Indonesia.
 
1. Kenali kebiasaan yang sesuai dengan kemampuanmu
Coba kenali dan identifikasi bagaimana kamu melakukan kebiasaan tersebut. Kemudian, pelajari hambatan-hambatan apa yang dihadapi dalam mengadopsi kebiasaan tersebut.
 
2. Miliki alasan kuat untuk memulainya
Ketika melakukan kebiasaan produktif yang baru, kamu harus mempunyai alasan kenapa harus memulai kebiasaan tersebut, sehingga bisa membangun motivasi untuk terus menjalankannya.
 
3. Bentuklah suatu kebiasaan yang spesifik dan realistis
Supaya tujuan dari kebiasaanmu dapat tercapai, dan berlangsung terus-menerus, buatlah kebiasaan yang spesifik dan realistis (dengan tujuan yang memang dapat dicapai).
 
 
4. Tetapkan hadiah setelah berhasil menjalankan kebiasaan baru
Ketika kamu telah berhasil melakukan sesuatu, berilah penghargaan ke diri sendiri sehingga kebiasaan barumu itu menghasilkan sesuatu manfaat dan nilai tersendiri.
 
5. Evaluasi
Terakhir, agar perkembanganmu dalam membentuk kebiasaan baru dapat terlihat serta terukur, lakukanlah evaluasi. Kamu bisa melakukannya dengan cara menulis to-do-list, sehingga kebiasaan barumu lebih terorganisir. 
 
Demikian Tips Membangun Kebiasaan Baru yang diberikan oleh Kemdikbud Republik Indonesia melalui instagram resminya. Semoga bermanfaat untuk kita semua yang hendak memulai kebiasaan baru yang lebih baik lagi.***
 
Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stop Lakukan Ini Sebelum Menuju Tahun 2023

Kamis, 29 Desember 2022 | 15:00 WIB
X