• Senin, 15 Agustus 2022

Memasuki Musim Angin, DLH Kabupaten Nganjuk Pangkas Pohon Yang Rawan Tumbang

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:15 WIB
Pemangkasan pohon di depan TRAL. (istimewa)
Pemangkasan pohon di depan TRAL. (istimewa)

Nganjuk, koranmemo.com - Sejumlah pohon yang dinilai rawan tumbang di sejumlah titik dipangkas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk.

Pemangkasan pohon yang dinilai rawan tumbang itu, salah satunya di Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) pada Selasa (28/6/2022)

Dijelaskan Erwin Prahista, Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, pemangkasan pohon ini untuk mengurangi risiko terjadinya pohon tumbang dan menimpang orang lain.

Baca Juga: Dua Pekan Operasi Patuh Semeru 2022, Sebanyak 3.061 Pelanggar Lalu Lintas di Kabupaten Kediri Ditilang

“Kami tidak sendirian pada kegiatan ini tapi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata Erwin.

Pemangkasan dilakukan terutama pada pohon di tepi jalan.“Mengingat sudah memasuki pergantian musim, apalagi angin yang kencang menyebabkan beberapa dahan patah atau pohon tumbang," jelasnya.

Erwin menyebut ada beberapa kasus pohon tumbang disebabkan karena pohon sudah tua, keropos di bagian tengahnya, dimakan rayap, dan mulai ada retakan di sekeliling pohon.

Pohon yang telah ditanam dalam jangka panjang perlu dilakukan pemeliharaan dan monitoring secara rutin untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Ratusan Juliha Akan Diberi Sertifikat

Dikatakannya, pemangkasan pohon akan terus dilakukan. "Mengingat wilayah Nganjuk sangat luas. Jadi kami lakukan pemetaan perkecamatan dalam bekerja," tandasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumpun Bambu di Warujayeng Dilalap Jago Merah

Rabu, 3 Agustus 2022 | 11:42 WIB
X