• Senin, 15 Agustus 2022

Bersihkan Drainase, PUPR Kabupaten Nganjuk Terjunkan Tim Unit Reaksi Cepat

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:08 WIB
(Kanan) Suwignyo, Staf Bidang Cipta Karya PUPR Kabupaten Nganjuk. (istimewa)
(Kanan) Suwignyo, Staf Bidang Cipta Karya PUPR Kabupaten Nganjuk. (istimewa)

Nganjuk, koranmemo.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk membersihkan saluran air atau drainase untuk mengurangi potensi banjir.

Untuk mendukung pekerjaan itu, Dinas PUPR juga diterjunkan Unit Reaksi Cepat (URC) drainase.

Suwignyo, Staf Bidang Cipta Karya PUPR Kabupaten Nganjuk mengaku langkah awal pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah desa atau kantor kelurahan. Juga OPD yang dulu menangani drainase yaitu Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim).

Dari hasil koordinasi, ditentukan titik mana yang terkena genangan saat musim hujan. Selanjutya pembuatan jadwal untuk menentukan lokasi yang akan lebih dulu diperbaiki.

Baca Juga: Sandiaga Uno Buka Entrepreneur Workshop Dan Talkshow Minuman Kekinian di Kota Batu

“Saat musim kemarau pemeliharaan drainase kita maksimalkan. Kita tetap rutin bekerja setiap hari membersihkan sedimentasi disaluran drainase agar aliran air lancar,” kata Suwigyo.

Ia menambahkan, seluruh drainase baik di kawasan perkotaan maupun permukiman akan bermuara di afur atau saluran pembuang. Yakni saluran pembuangan maria yang mengalir ke Sungai Kuncir kanan dan saluran pembuang asri yang mengalir langsung ke Sungai Brantas.

Pada tahun 2022, Dinas PUPR berencana akan membuat kolam ratensi atau penampungan di Kelurahan Mangundikaran kemudian untuk tahun depan di Kelurahan Payaman.

Suwignyo mengatakan, awal mula terbentuknya URC drainase untuk mengatasi seringnya terjadi banjir di wilayah perkotaan seperti perkotaan Nganjuk, perkotaan Kertosono, atau perkotaan yang lain.

Baca Juga: Kabupaten Nganjuk Terima 2.100 Dosis Vaksin PMK, Jumlah Ternak 140 Ribu Ekor, Apa Solusinya…

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumpun Bambu di Warujayeng Dilalap Jago Merah

Rabu, 3 Agustus 2022 | 11:42 WIB
X