• Senin, 15 Agustus 2022

Enam Bulan Temukan 60 Kasus DBD, 1 Meninggal

- Kamis, 30 Juni 2022 | 14:50 WIB
dr dharma setiawan
dr dharma setiawan
Blitar, koranmemo. Com- Memasuki pancaroba atau pergantian musim hujan ke kemarau, warga Kota Blitar diminta waspada.
 
Pasalnya, demam berdarah dengue atau DBD masih tetap menghantui. 
 
Berdasarkan data di Dinas Kesehatan (dinkes) Kota Blitar, jelang Juli ini masih saja ada temuan kasus demam berdarah. Bahkan akibat DB satu warga harus kehilangan nyawa.
 
"iya ada satu warga yang meninggal dunia karena kasus demam berdarah. Kami mengimbau warga untuk tetap waspada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr Dharma Setiawan, Kamis (30/6). 
 
 
Dijelaskan dr Dharma, berdasarkan update data di kantornya terhitung mulai Januari hingga akhir Juni atau enam bulan  ini tercatat total warga yang terserang DBD sebanyak 60 kasus. Sebanyak 60 kasus itu, 1 di antaranya ada yang meninggal dunia. Para warga yang terserang itu tersebar di tiga kecamatan di Kota Blitar. Yakni Kepanjenkidul, Sananwetan dan Sukorejo. Sementara warga yang terserang dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes).
 
"Faskesnya ada yang dirawat di puskesmas ada pula yang dirawat di rumah sakit atau RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar," katanya. 
 
Nah, untuk satu warga yang dinyatakan meninggal dunia, memang karena kondisinya saat mendapatkan perawatan sudah parah. Sehingga akhirnya nyawanya tak tertolong lagi. Berkaca pada tahun lalu atau 2021, jumlah kasus jelas meningkat.
 
 
Di periode yang sama atau Januari hingga Juni, kasusnya hanya 11 penderita saja. Sementara tidak ada laporan warga yang meninggal. Belum diketahui apa penyebab kasus melonjak. 
 
"Maka dari itu kami mengimbau agar rajin menerapkan pola hidup bersih. Dan satu hal lagi menerapkan pola 3 M, mengubur, menguras dan menutup. Ini untuk preventif penyebaran nyamuk," katanya. 

Sementara itu, di Kabupaten Blitar angka kasus DBD juga masih tinggi. Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, terhitung Januari hingga Mei lalu, ada setidaknha 144 kasus DBD. Sementara belum ada laporan warga yang meninggal. 
 
Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu



 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPNT Dua Bulan Belum Cair, KPM di Blitar Resah

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Bawaslu Pastikan Jajarannya Tak Terindikasi Parpol

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:44 WIB

Pemkot Blitar Matangkan Konsep Kota Cagar Budaya

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:59 WIB
X