• Senin, 15 Agustus 2022

DKPP Kabupaten Kediri Kebut Vaksinasi Hewan Ternak Kuku Belah

- Kamis, 30 Juni 2022 | 15:36 WIB
Petugas DKPP Kabupaten Kediri saat vaksinasi pada hewan ternak kuku belah di Papar Kamis (30/6/2022) siang. (istimewa)
Petugas DKPP Kabupaten Kediri saat vaksinasi pada hewan ternak kuku belah di Papar Kamis (30/6/2022) siang. (istimewa)

Kediri, koranmemo.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri minggu ini kebut vaksinasi hewan ternak kuku belah untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Untuk satu tim dari DKPP Kabupaten Kediri ini harus dapat target 100 hewan ternak kuku belah yang divaksin, untuk mencegah PMK dengan koordinasi dengan tim forkompimca setempat.

Ada lima wilayah di minggu ini yang didahulukan oleh tim dari DKPP Kabupaten Kediri untuk vaksinasi hewan ternak kuku belah guna mencegah PMK, di antaranya Kecamatan Papar, Kandangan, Kandat, Papar, dan dan Kecamatan Puncu.

Kepala DKPP Kabupaten Kediri drh Tutik Purwaningsih melalui drh Yuni Ismawati Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesmavet menjelaskan, gerak cepat vaksinasi pada hewan ternak kuku belah ini untuk cegah penyebaran PMK.

Baca Juga: Sambut Hari Bhayangkara, Polres Kediri Kota Gelar Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Sedangkan vaksinasi diperuntukkan hewan sehat, sakit, dan sedang diisolasi. Sebelum dilakukan vaksinasi, kondisi tubuh hewan diperiksa secara menyeluruh termasuk suhu tubuh hewan.

“Ini untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan yang akan kita periksa," ujar drh Yuni Ismawati, Kamis (30/6/2022).

Yuni menjelaskan, secara umum vaksin yang didapat dari kuota pertama sebanyak 16.400 dosis. Jika nanti masih kurang akan mengusulkan ulang jumlah vaksin dengan kuota yang lebih banyak.

Percepatan koordinasi vaksinasi agar kondisi hewan ternak kuku belah bisa sehat jelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah. Jika sapi, kerbau, domba, kambing sehat tentu penjualan meningkat.

Baca Juga: Divonis 5 Tahun, Terdakwa Mark Up Lahan SMA N 3 Kota Batu Banding

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ditabrak Bus Harapan Jaya, Pengendara Tossa Meninggal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:22 WIB
X