• Senin, 15 Agustus 2022

Sejumlah Masjid di Kota Batu Meniadakan Penyembelihan Hewan Kurban

- Minggu, 3 Juli 2022 | 13:44 WIB
Masjid Agung An Nur Kota Batu yang meniadakan penyembelihan hewan kurban. (arief/memo)
Masjid Agung An Nur Kota Batu yang meniadakan penyembelihan hewan kurban. (arief/memo)
Batukoranmemo.com - Sejumlah masjid besar di Kota Batu memilih meniadakan penyembelihan hewan kurban saat Iduladha nanti.
 
Pengurus masjid memutuskan untuk meniadakan penyembelihan hewan kurban saat Iduladha karena kekhawatiran di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
Salah satu masjid besar di Kota Batu yang meniadakan penyembelihan hewan kurban saat Iduladha, yakni Masjid Agung An Nur Kota Batu.
 
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyebutkan salah satu masjid besar di Kota Batu yang meniadakan penyembelihan hewan kurban adalah Masjid Agung An Nur Kota Batu
 
 
Padahal, pada penyelenggaraan Iduladha tahun-tahun sebelumnya, Masjid Agung An Nur Kota Batu, selalu menyembelih, dan menerima titipan hewan kurban.
 
“Pengurus masjid tidak mau menerima satu pun hewan kurban. Untuk itu, lima hewan kurban dari Pemkot Batu disembelih di RPH Mojorejo," ujar Dewanti, Minggu (3/7/2022). 
 
"Untuk teknis penyaluran daging kurban masih dibahas, apakah melalui masjid atau mengacu DTKS Dinsos,” papar Dewanti.
 
Dewanti melanjutkan, hewan kurban yang akan disembelih terlebih dulu melewati tahap pemeriksaan. Ini untuk memastikan betul-betul sehat dan layak untuk dipotong. 
 
 
Dia turut mengimbau, bagi masyarakat Kota Batu yang ingin melakukan penyembelihan hewan kurban, diharap melakukan penyembelihan di RPH
 
Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan penyembelihan di tempat-tempat yang sudah ditunjuk Pemkot Batu.
 
“Warga yang ingin menyembelih hewan kurban di desanya boleh saja. Namun harus dipastikan kondisi hewan dalam keadaan sehat," ucapnya.
 
"Namun untuk hewan kurban berupa sapi, kami sarankan di RPH. Karena sebelum disembelih akan ada pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu,” tutur Dewanti.
 
 
Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan DPKP Kota Batu, Sri Nurcahyani Rahayu mengatakan, untuk lokasi utama pemotongan hewan kurban sesuai dengan SE Menteri Agama.
 
Lokasi utamanya harus dilakukan di RPH. Apabila RPH tidak mencukupi, boleh dilakukan di tempat lain yang sudah direkomendasikan oleh Pemkot Batu melalui DPKP.
 
“Kami sudah memberikan rekomendasi untuk tempat pemotongan hewan kurban di Kota Batu. Totalnya ada 92 titik lokasi," kata Sri.
 
"Itu tersebar di setiap desa/kelurahan juga hampir di seluruh dusun di Kota Batu. Lokasi pemotongan itu juga sudah di-SK-kan melalui SK wali kota,” urainya.
 
Reporter : Arief Juli Prabowo 
Editor       : Muji Hartono 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rp 35 Miliar untuk Empat PSD 2023 Kota Batu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:54 WIB

KPU Kota Batu Mengeluh Tak Miliki Gudang

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X