• Selasa, 9 Agustus 2022

Tim Pendamping Keluarga Harus Mampu Jadi Pioner Pencegahan Stunting 

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:48 WIB
Novita Hardini, Ketua TP-PKK Trenggalek. (angga/memo) 
Novita Hardini, Ketua TP-PKK Trenggalek. (angga/memo) 

Trenggalek, koranmemo.com - Upaya pengentasan gagal tumbuh kembang pada anak atau stunting di Kabupaten Trenggalek terus dimasifkan.

Tak hanya langkah jangka pendek, penanganan jangka panjang pun juga dilakukan. Salah satunya adalah melalui pendampingan keluarga. Tim pendamping itu diharapkan jadi pioner pencegahan stunting

"Kehadiran tim pendamping keluarga diharapkan dapat mengawal dan memberikan edukasi kepada remaja, ibu hamil maupun keluarga muda membina keluarga yang sehat dan sejahtera," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini saat memberikan pelatihan tim pendamping di Balai Desa Masaran Kecamatan Munjungan, Senin (4/7). 

Baca Juga: Hewan Ternak Siap Potong Saat Idul Kurban di Kabupaten Madiun Sebanyak 20 Ribu Ekor

Kehadiran tim pendamping keluarga itu diharapkan dapat mendeteksi dini potensi stunting di lingkungan sekitarnya.

Misalnya adalah dengan memberikan sosialisasi tentang dampak pernikahan dini sehingga secara tidak langsung mencegah risiko terjadinya stunting dan edukasi faktor penyebab lainnya.

Langkah-langkah masif tim pendamping dinilai turut berkontribusi dalam menekan angka stunting. Tahun ini Trenggalek berupaya menekan prevalensi stunting hingga 14 persen. 

Baca Juga: Sebaran PMK di Tulungagung Terus Bertambah, Produksi Susu Sapi Turun 20 Ribu Liter Perhari

"Tentunya saya berharap ini menjadi satu gerakan masif dalam rangka menekan angka stunting lebih rendah lagi. Selain itu saya juga ingin benar-benar dari tugas pendamping ini bisa mencapai indikator kebahagiaan ibu hamil," imbuhnya. 

Stunting menjadi masalah serius yang harus segera ditanggulangi. Sebab bayi stunting cenderung terjangkit penyakit degeneratif seperti jantung, hipertensi maupun diabetes pada usia tertentu sehingga berpotensi menyumbang angka kemiskinan baru.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X