• Senin, 15 Agustus 2022

Sebanyak 19 Bakal Calon Daftar Pilkades Serentak Kota Batu, Pesangrahan Paling Banyak

- Senin, 4 Juli 2022 | 20:24 WIB
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Arief/memo)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Arief/memo)

Batu,koranmemo.com - Lima desa di Kota Batu bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Total ada sebanyak 19 bakal calon kepala desa (Bacakades) yang mendaftar dan mengembalikan formulir.

Lima desa yang bakal menggelar Pilkades adalah Desa Sumber Brantas, Sumbergondo, Pandanrejo dan Bulukerto Kecamatan Bumiaji. Kemudian satu desa di Kecamatan Batu adalah Desa Pesanggrahan.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membenarkan jika saat ini tahapan sudah masuk pencalonan. Laporan sementara yang masuk ada 19 bakal calon yang mendaftar.

"Secara rinci, Desa Sumber Brantas, Sumbergondo dan Bulukerto masing-masing empat bakal calon. Desa Pandanrejo tujuh bakal calon. Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu terbanyak, sembilan bakal calon," urainya, Senin (4/7).

Baca Juga: Bupati Jombang Mundjidah Wahab: Surplus Beras 13.049 Ton

Tambah Punjul, sesuai aturan bakal calon hanya dibatasi lima orang sehingga untuk bakal calon dalam Pilkades di Pandanrejo dan Pesanggrahan secara tidak langsung akan ada yang dicoret.

"Panitia bakal melakukan penelitian, klarifikasi dan seleksi berkas bakal calon. Dalam prosesnya untuk penelitian nantinya panitia akan mengumumkan ke masyarakat untuk memperoleh masukan serta tahapan lainnya hingga ditetapkan lima orang sebagai calon kades," imbuhnya.

Selain itu, beberapa persyaratan untuk mendaftar Bacakades harus memenuhi beberapa aturan. Salah satunya bagi incumbent yang mau mencalonkan dirinya kembali tidak boleh menjabat lebih dari dua kali.

"Bagi incumbent yang ingin mencalonkan kembali wajib mengajukan surat cuti dari jabatan sejak tahapan-tahapan di mulai," ujarnya.

Baca Juga: Realisasi Prodamas Plus 2022, Pemkot Kediri Laksanakan Monev Bergilir

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rp 35 Miliar untuk Empat PSD 2023 Kota Batu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:54 WIB

KPU Kota Batu Mengeluh Tak Miliki Gudang

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X