• Senin, 15 Agustus 2022

Tiga Pendaftar SMPN 2 Kota Batu Didiskualifikasi, Ada Apa?

- Selasa, 5 Juli 2022 | 13:36 WIB
SMP N 2 Kota Batu.(Arief/memo)
SMP N 2 Kota Batu.(Arief/memo)

 

Batu,koranmemo.com-SMP Negeri 2 Kota Batu mengambil keputusan cukup berani dengan mendiskualifikasi calon murid yang diketahui tidak memenuhi syarat yang ditentukan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi.

Mereka didiskualifikasi karena menggunakan surat domisili. Total ada 3 murid yang gagal masuk karena ditengarai alamat yang disodorkan sama. Sehingga dilakukan verifikasi dan diketahui surat keterangan domisilinya belum berusia minimal 1 tahun.

"Dari situ akhirnya kita memutuskan mencoret mereka. Kecurigaan kita alamat mereka sama, jarak sama, dan menggunakan surat domisili. Saat verifikasi pun kita juga sudah memanggil orang tua mereka," ujar Kepala SMPN 2 Kota Batu, Ida Misaroh.

Baca Juga: Contoh Soal Ujian Mandiri 2022 TPS Mapel Matematika

Agar tidak menimbulkan gejolak Ida pun memberikan pendekatan kepada calon murid dan wali murid. Sebab dirinya faham setiap orang tua tentu bingung bila sampai anaknya belum mendapatkan kejelasan statusnya akan sekolah di mana.

"Dari situ pendekatan persuasif sangatlah penting. Sebelum berakhirnya pendaftaran, telah kami panggil semua orang tua wali murid. Kami berikan gambaran dan dukungan. Nanti saya takutnya, anaknya sudah terlanjur senang malah tidak diterima. Saya sampaikan bahwa kualitas sekolah swasta lebih baik," katanya.

Pendekatan yang persuasif ini dinilai Ida dapat meredakan kekecewaan orang tua wali murid. Menurut Ida, pihak sekolah harus bisa memberi pengertian kepada orang tua dan calon peserta didik. Pihak sekolah juga mengkonfirmasi operator sekolah di tingkat SD karena merekalah yang mengetahui status siswa.

Baca Juga: Musim Liburan, Angkringan di Mojo Dipadati Anak Muda: Ini Kata Polisi

"Secara teknis memang aturan pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali, namun verifikasi jarak rumah bisa dilakukan berulang kali hingga jadwal pendaftaran selesai. Tidak itu saja, penggunaan surat domisili juga harus mengikuti petunjuk teknis," urainya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rp 35 Miliar untuk Empat PSD 2023 Kota Batu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:54 WIB

KPU Kota Batu Mengeluh Tak Miliki Gudang

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X