• Senin, 15 Agustus 2022

PMK Merebak, Ratusan Sapi di Desa Mangunrejo Divaksin

- Rabu, 6 Juli 2022 | 10:51 WIB
Petugas DKPP Kabupaten Kediri suntik vaksin sapi di Desa Mangunrejo Ngadiluwih. (ist)
Petugas DKPP Kabupaten Kediri suntik vaksin sapi di Desa Mangunrejo Ngadiluwih. (ist)

Kediri, koranmemo.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri berkoordinasi dengan Forkompimca Ngadiluwih lakukan percepatan vaksinasi hewan ternak di Ngadiluwih.

Seperti di Desa Mangunrejo Ngadiluwih sebanyak 200 ekor divaksin untuk cegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolsek Ngadiluwih AKP Iwan Setyo Budi menjelaskan secara umum di Ngadiluwih ada ribuan sapi yang akan divaksin. Di Ngadiluwih ada kelompok ternak di empat desa dan satu kelompok ternak ada 300 hewan ternak yang perlu di vaksin.

Sedangkan hewan ternak pemilik perorangan jumlah sapi dan kambing tidak sedikit. Peternak perorangan di Ngadiluwih memiliki 5 hingga 10 ekor.

Baca Juga: Bansos Berupa BLT Dana Desa Segera Cair, Ini Tips Penggunaan Uang Agar Sesuai Tujuan

" Kita lakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak yang sehat ataupun sedang sakit. Di Desa Mangunrejo 200 ekor sapi tervaksin. Kita berharap sapi tak terjangkit pmk," jelasnya.

Ditambahkan Iwan, vaksinasi hewan berkuku belah saat ini untuk tahap pertama. Untuk tahap selanjutnya akan dilanjutkan setelah Iedul Adha dan menunggu dropping vaksin dari pemerintah. Iwan berharap pemilik hewan ternak segera koordinasi dengan tim penanggulangan pmk di Posko di Kantor Camat Ngadiluwih. Ini untuk koordinasi mempermudah penanganan hewan ternak di Ngadiluwih.

"Kami mengedukasi dan sosialisasi kepada pemilik hewan ternak agar menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari agar PMK tidak meluas.

Baca Juga: Bupati Kediri Mas Dhito Bersama Polri Bersinergi Genjot Vaksin Booster

Akan lebih bagus jika yang masuk dan keluar kandang hanya petugas kandang saja," jelasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Ditabrak Bus Harapan Jaya, Pengendara Tossa Meninggal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:22 WIB
X