• Kamis, 1 Desember 2022

Jelang Idul Adha, Ini Saran DKPP dan Kemenag

- Rabu, 6 Juli 2022 | 12:38 WIB
Petugas dari DKPP Kabupaten Kediri potong sapi di RPH Pare. (ist)
Petugas dari DKPP Kabupaten Kediri potong sapi di RPH Pare. (ist)

 

Kediri, koranmemo.com - Saat wabah penyakit mulut dan kuku ( pmk) menyerang hewan ternak jelang Hari Raya Iedul Adha 1443 Hijriah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag)Kabupaten Kediri berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri berharap panitia kurban menyembelihkan hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) Pare.

Kepala DKPP Kabupaten Kediri drh Tutik Purwaningsih mengapresiasi langkah Kemenag berkoordinasi dengan DKPP untuk sembelih hewan kurban di RPH.

Untuk RPH di Pare dibangun dengan standar khusus dan peralatan mekanis modern. Satu hari bisa 20 ekor sapi bisa disembelih oleh petugas ahli dan tersertifikasi. Tutik menjamin hewan yang disembelih dan daging yang dihasilkan hygienis.

"Kami siapkan alat penunjang seperti alat perebah atau restraining box, pembelah tulang punggung yang dilengkapi dengan mesin hidrolik," katanya.

Baca Juga: Disperindag Revitalisasi Pasar, Dongkrak PAD Dengan Optimalkan Retribusi

Ditambahkan Tutik,alat lainya berupa pemotong dengkul/kaki, alat menguliti kulit sapi, katrol elektrik dan manual. Peralatan penunjang lainya berupa plaint troly lengkap dengan karkas, hanger, vacum packaging machine, chilling room post morten set, troli daging dan jerohan. Dari alat alat lengkap di RPH,daging yang dihasilkan berkualitas karena sebelum disembelih, sapi harus diperiksa dulu dan dikarantina sehari.

"Setelah diinapkan semalam barulah hewan ternak disembelih. Sedangkan panitia kurban yang akan sembelih hewan kurban, diperbolehkan menyembelih hewan kurban dan proses penyembelihannys saat ini harus ditangan orang yang benar benar ahli," katanya.

Ditambahkan Tutik sebelum disembelih ataupun sudah disembelih petugas DKPP akan periksa hewan kurban secara lengkap. Ini untuk memastikan kondisi hewan sehat. Daging yang akan dibagikan aman bagi dan nyaman bagi warga.

Paulo Jose Ximenes Bello Humas Kemenag Kabupaten Kediri membenarkan adanya himbauan dan saran dari Kemenag RI yang juga berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan)RI untuk sembelih hewan kurban di RPH.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Pemkab Kediri Dorong Anak Muda Cakap Digital

Selasa, 29 November 2022 | 18:55 WIB
X