• Rabu, 5 Oktober 2022

Aplikasi PCS "Sisingo" Layanan Tanggap Darurat Kabupaten Malang

- Rabu, 6 Juli 2022 | 15:32 WIB
Peluncuran program layanan tanggap darurat medis terintegrasi berbasis digital, PSC 119 (Public Safety Center Siji Siji Songo atau PSC Sisingo) bisa dibilang sebagai salah satu momentum lompatan pelayanan kesehatan modern di Kabupaten Malang. (ist)
Peluncuran program layanan tanggap darurat medis terintegrasi berbasis digital, PSC 119 (Public Safety Center Siji Siji Songo atau PSC Sisingo) bisa dibilang sebagai salah satu momentum lompatan pelayanan kesehatan modern di Kabupaten Malang. (ist)

Malang,koranmemo.com - Dengan Aplikasi PSC “Sisingo”, Masyarakat Malang Kini Miliki Layanan Tanggap Darurat Medis Terintegrasi Peluncuran program layanan tanggap darurat medis terintegrasi berbasis digital, PSC 119 (Public Safety Center Siji Siji Songo atau PSC Sisingo) bisa dibilang sebagai salah satu momentum lompatan pelayanan kesehatan modern di Kabupaten Malang.

Sebab dengan fitur PSC Sisingo ini, warga yang mengalami kedaruratan medis bisa meminta pertolongan dengan hanya memencet tombol 119.

Cukup pencet tombol 119 di aplikasi Sisingo yang telah diunduh di android, dan mobil ambulan berikut tenaga medis akan segera datang dalam tempo kurang dari 15 menit.

Kode angka untuk bantuan kedaruratan medis dengan leading sector di RSUD Kanjuruhan Malang ini terkoneksi langsung dengan 42 ambulans yang tersebar di 39 puskesmas di 33 kecamatan ini memungkinkan layanan tanggap darurat kesehatan menjangkau hingga pelosok dan pegunungan di Kabupaten Malang.

Baca Juga: Kebun Bibit Kediri Jadi Pusat Studi Wisata Saat Musim Libur, Pokmas Grati Pasuruan pun Terpikat

“Masyarakat Kabupaten Malang yang membutuhkan layanan darurat kesehatan, ada aplikasi Sisingo. Tinggal tekan tombol 119. Tunggu 15 menit, ambulans sudah ada di tempat,” ujar terang Bupati Malang Drs HM Sanusi MM.

Dijelaskan Bupati, seluruh unit armada ambulans di bawah kendali Dinas Kesehatan Kabupaten Malang telah dipasang piranti GPS (global Positioning System). Hal ini memudahkan ambulans terdekat untuk mengambil pasien/warga yang membutuhkan layanan 119, sesuai posisi kedaruratan.

Konsep tanggap darurat medis terintegrasi inilah yang membuat PSC Sisingo bisa melayani kedaruratan dengan standar 15 menit.

“Semua ambulans dilengkapi dengan peralatan kedaruratan. Misalnya, alat penanganan pertama untuk serangan jantung maupun korban kecelakaan,” terangnya.

Baca Juga: BPIP: ASN Jangan Menyebarkan Kebencian dan Rasa Permusuhan

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan, Ini Yang Dipertanyakan Kompolnas

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:02 WIB

Berikut Daftar Nama Korban Kanjuruhan Berdarah

Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:12 WIB
X