• Senin, 26 September 2022

Mesin Briket Sampah di TPA Mrican 'Hilang', Ini Kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko

- Rabu, 6 Juli 2022 | 15:44 WIB
Mesin pembuat briket yang berasal dari bantuan gubernur Jawa Timur tahun 2021
Mesin pembuat briket yang berasal dari bantuan gubernur Jawa Timur tahun 2021

Ponorogo, koranmemo.com - Sempat digadang gadang sebagai salah satu solusi untuk mengurangi masalah sampah di Ponorogo. Mesin pembuat briket dari sampah yang berada di TPA Mrican nyatanya saat ini sudah tidak beroperasi sejak bulan Januari, bahkan mesin mesin tersebut juga sudah tidak ada dilokasi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyebut 'hilangnya' mesin pembuat briket tersebut saat ini tengah dalam perbaikan di luar kota. Pun jika selesai akan dioperasionalkan lagi dengan model perjanjian kerjasama.

"Mesin tidak hilang, cuma saat ini masih dalam perbaikan di luar kota, kalau selesai bisa masuk lagi dengan model perjanjian kerjasama," Jelas Sugiri, Rabu (6/7/2022).

Dirinya menambahkan bahwa mesin tersebut akan selesai perbaikan di tahun ini. Terlebih saat ini kondisi TPA Mrican yang sudah overload sampah, tentu hal itu menjadi solusi untuk mengurangi volume sampah.

Baca Juga: Satpol PP Tertibkan Pedagang Liar di Trotoar Kertosono

"Mesin itukan Isalah satu inovasi masalah persampahan di bumi reog. Sampah di hulu dan hilir semoga bisa seimbang," terang Bupati.

Bupati mencontohkan penanganan sampah di tingkat hilir misalnya, harus ada pengolahan sampah menjadi briket. Selain mengurangi volume sampah, briket bisa dijual menjadi barang yang bernilai ekonomi.

Sementara di tingkat hulu, harus ada bank sampah di setiap rukun tetangga (RT). Bank sampah itu juga sudah dianggarkan dan menjadi bagian program Rp 10 juta per RT. Dengan pengolahan sampah di tingkat hulu, tentu tidak terlalu membebani di tingkat hilir.

Baca Juga: Serangan Hama Wereng Batang Coklat Bikin Was-was Petani di Jombang

"Bayangkan sekitar 7 ribu RT, masing-masing mengelola sampahnya sendiri. Permasalahan sampah sudah terselesaikan, baik tingkat hulu maupun hilir," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Calo Tahan Ijazah PPPK, Begini Sikap Bupati Ponorogo

Kamis, 22 September 2022 | 14:20 WIB
X