• Kamis, 6 Oktober 2022

Meresahkan, Waspada Aksi Penipuan Berkedok Telepon Bos

- Jumat, 29 Juli 2022 | 14:54 WIB
Capture diduga pelaku penipuan yang diposting di media sosial. (capture CCTV)
Capture diduga pelaku penipuan yang diposting di media sosial. (capture CCTV)

Trenggalek, koranmemo.com - Dugaan aksi penipuan berkedok telepon bos yang menyasar para karyawan di Trenggalek viral. Ada dua lokasi toko yang ditengarai telah disasar pelaku penipuan dengan modus itu. Warga diminta untuk waspada terhadap segala bentuk tindak kejahatan.

Informasi yang dihimpun, dugaan aksi penipuan dengan modus telepon bos itu terjadi di dua tempat, yaitu sebuah toko di wilayah Kecamatan Tugu dan Kecamatan Karangan. Modusnya sama, yaitu meminta sejumlah uang kepada penunggu toko dengan dalih telah mendapatkan persetujuan dari pemilik usaha.

Bahkan untuk memuluskan aksinya, pelaku berpura-pura telepon bos karyawan tersebut. Rupanya aksi pelaku berpura-pura telepon bos di depan karyawan itu berjalan mulus.

Karyawan toko di wilayah Kecamatan Tugu merugi Rp 1 juta dan karyawan toko di Kecamatan Karangan merugi ratusan ribu rupiah. Dugaan aksi pelaku terekam CCTV salah satu pemilik toko dan beredar luas di media sosial.

Baca Juga: Resahkan Warga, Petugas Damkar Kabupaten Nganjuk Evakuasi Tawon Ndas

Meskipun bermodus sama, namun ihwal narasi yang disampaikan pelaku kepada penunggu toko berbeda. Pelaku meminta uang Rp 1 juta kepada penunggu toko di Kecamatan Tugu untuk alasan beli material perbaikan toko.

Sementara modus serupa, pelaku di Kecamatan Karangan meminta uang dengan alasan pemasangan CCTV.

Mudahnya aksi penipuan itu mengundang spekulasi liar di media sosial. Ada yang menyebut jika aksi penipuan itu juga disusupi unsur magis ilmu gendam sehingga korban menuruti permintaan pelaku.

Pasalnya dalam beberapa postingan, korban tersadar setelah pelaku meninggalkan setelah mendapatkan sejumlah uang.

Baca Juga: Bentuk Gugus Tugas Gerakan Revolusi Mental, Wali Kota Kediri Raih Penghargaan dan Apresiasi Dari Mendagri

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X