• Kamis, 6 Oktober 2022

Struktur Bata Kuno dan 5 Arca Ditemukan di Situs Gondang Trenggalek, Diperkirakan Lebih Tua dari Era Majapahit

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:08 WIB
Temuan benda purbakala di Trenggalek (angga/memo)
Temuan benda purbakala di Trenggalek (angga/memo)

 

Trenggalek, koranmemo.com - Sebanyak lima arca ditemukan di situs Gondang, tepatnya di Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Lima arca itu diperkirakan berusia lebih tua dari era Kerajaan Majapahit.

Lima arca itu dua diantaranya ditemukan masyarakat pada 2018 silam, sementara tiga arca lainnya ditemukan dalam proses ekskavasi tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) beberapa hari terakhir.

Pamong Budaya Ahli Madya BPCB Jawa Timur, Mohammad Said menyebut, tiga arca yang ditemukan dalam ekskavasi itu terdiri dari Agastya, Mahakala dan Apsari.

Tiga arca itu terbuat dari batu andesit, batu kapur dan juga dari terakota. Arca itu ditemukan disisi timur struktur batu bata dengan posisi saling berdekatan.

Baca Juga: Daftar Wisata Pantai di Semarang yang Jarang Diketahui, Temani Liburan di Akhir Pekan

“Tiga arca itu terdiri dari Agastya, Mahakala, dan Apsari. Tiga arca ini terbuat dari batu andesit, batu kapur dan ada juga dari terakota. Dengan temuan ini, total ada lima arca yang ditemukan di situs Gondang, dua diantaranya pada 2018 lalu,” ujarnya di lokasi temuan bangunan purbakala itu.

Dalam ekskavasi selama empat hari itu, selain menemukan tiga arca, tim BPCB Jawa Timur juga menemukan struktur batu bata berukuran 6 x 6 meter.

Dari analisa sementara, konstruksi itu diduga adalah kaki sebuah candi. Bangunan itu diduga merupakan peninggalan sebelum era Kerajaan Majapahit. Analisisa itu berdasarkan indikasi dari dimensi batu bata yang cukup besar.

“Ukurannya candi adalah 6x6 meter. Kemudian lapisan batu dalam yang ditemukan sembilan lapis. Batanya lumayan besar, kalau dilihat dari dimensinya berbeda dengan tinggalan Majapahit. Mungkin ini lebih tua,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X