• Kamis, 6 Oktober 2022

Pastikan Steril dari PMK, Polres Trenggalek Perketat Pemeriksaan Lalu Lintas Hewan Ternak

- Senin, 1 Agustus 2022 | 16:27 WIB
Petugas saat memeriksa kondisi hewan ternak yang masuk ke Trenggalek. (angga/memo)
Petugas saat memeriksa kondisi hewan ternak yang masuk ke Trenggalek. (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Pemeriksaan kondisi hewan ternak yang lalu lalang di Kabupaten Trenggalek atau dikenal juga dengan sebutan Bumi Menak Sopal, diperketat.

Pengetatan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan yang lalu lalang di Bumi Menak Sopal itu dilakukan untuk memastikan kondisinya steril dari paparan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah mewabah.

“Kegiatan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan ini dilakukan setiap hari. Khusus pada hari pasaran pada penanggalan jawa, personel penyekatan kita tambah,” kata Kasi Humas Polres Trenggalek, Iptu Suswanto, Senin (1/8).

“Penambahan personel itu mengingat saat pasaran lalu lintas dan aktivitas jual beli hewan ternak pada sejumlah pasar hewan relatif meningkatkan signifikan,” tambah Iptu Suwanto.

Baca Juga: Kapolres Kediri Imbau Kereta Kelinci Tak Melintas di Jalan Raya

Pemeriksaan yang dilakukan petugas gabungan itu dilakukan di beberapa titik penyekatan. Titik itu berada di Jalan Raya Durenan, akses masuk dari Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya.

Pemeriksaan di Jalan Raya Panggul, titik akses masuk dari Kabupaten Pacitan dan sekitarnya, serta di wilayah Jalan Raya Trenggalek – Ponorogo untuk akses masuk dari Kabupaten Ponorogo dan sekitarnya.

“Jadi setiap kendaraan bak terbuka yang membawa hewan ternak dihentikan dan diperiksa kondisi kesehatan hewan ternak tersebut. Kemudian di data mau dibawa ke mana dan dari mana. Kegiatan ini dilakukan petugas gabungan,” imbuhnya.

Upaya pencegahan paparan PMK itu dilakukan untuk menunjang langkah pemerintah daerah dalam memutuskan penyebaran PMK dengan langkah vaksinasi.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi PMK Dosis 2, Polres Batu Turunkan 5 Tim Vaksinator

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X