• Kamis, 1 Desember 2022

Angka Kesembuhan PMK di Kabupaten Kediri Meningkat Tajam, Ini Faktornya

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:51 WIB
Kandang sapi milik peternak di Ngadiluwih  (bakti/memo)
Kandang sapi milik peternak di Ngadiluwih (bakti/memo)

 

Kediri, koranmemo.com - Angka kesembuhan hewan ternak dari penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Kediri meningkat tajam di awal Agustus 2022.

Hal ini sejalan dengan proses vaksinasi, pengobatan dan pemberian vitamin pada hewan ternak. Daya tahan tubuh hewan ternak akan kuat jika pengobatan dan vaksinasi dilakukan dilakukan secara tepat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri drh Tutik Purwaningsih melalui Agung Joko Retmono Sekretaris DKPP Kabupaten Kediri berharap peternak tetap intens komunikasi dengan PTP DKPP di kecamatan, Puskeswan dan mantri hewan terkait upaya penyehatan hewan ternak di Kabupaten Kediri. DKPP memaksimalkan vaksin agar target hewan ternak tidak terpapar Pmk bisa tercapai. 

Baca Juga: Ikuti Trofeo di Blitar, ini Lawan Yang akan Dihadapi Persedikab Kediri

"Kami imbau peternak untuk memperhatikan kebersihan kandang. Saat kondisi wabah pmk sekarang ada baiknya juga disemprot disinfektan. Tujuanya untuk memastikan bakteri dan virus pmk di kandang bisa mati. Mencegah hal yang terbaik agar peternak tidak merugi," jelasnya.

Agung menjelaskan, membersihkan kandang idealnya setiap hari, pagi dan sore. Pembersihanyapun dengan menyemprotkan air berulang hingga lantai bersih kemudian menyapu, tempat makan harus bersih dari sisa makanan sebelum diisi pakan baru. Demikian pula untuk tempat minum juga harus bersih sebelum diberi air minum.

"Kebersihan tubuh hewan ternak juga perlu dijaga. Diusahakan kotoran ternak tidak menempel pada tubuh sapi. Bila perlu dimandikan agar kondisi tubuh ternak bersih dan sehat. Idealnya seminggu sekali dimandikan. Ada manfaatnya kandang ternak dibuat panggung dan berjarak 1 meter dari tanah," katanya.

Baca Juga: Sepak Terjang Buruh Tani Plemahan sebagai Pengedar Sabu Berakhir di Hotel Prodeo Polres Kediri

Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus 2022, Cocok untuk Laporan Kegiatan di Kampung

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Kediri Dorong Anak Muda Cakap Digital

Selasa, 29 November 2022 | 18:55 WIB
X