• Jumat, 30 September 2022

Bersama Kemenko Perekonomian Gelar Rakor Penataan Aset dan Akses Desa Tulungrejo

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:56 WIB
foto-batu-kota-Rakor Penataan Aset dan Penataan Akses Desa Tulungrejo Dusun Kekep. (Arief/memo)
foto-batu-kota-Rakor Penataan Aset dan Penataan Akses Desa Tulungrejo Dusun Kekep. (Arief/memo)

Batu,koranmemo.com - Pemerintah Kota Batu menggelar Rakor Penataan Aset dan Penataan Akses Desa Tulungrejo Dusun Kekep yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Batu, H. Punjul Santoso.

Dalam kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala BPN Kota Batu, Ir R Haris Suharto beserta tim Kemenko Perekonomian terkait Rapat Koordinasi Penataan Aset dan Penataan Akses Desa Tulungrejo Dusun Kekep di Ruang Rapat Utama lt.5 Balai Kota Among Tani Kota Batu, Selasa (2/08/2022).

Tim Kemenko Perekonomian yang dipimpin oleh M. Nurbakti Firdausy, Kepala Bidang Pertanahan, melaksanakan Rakor Kunjungan Lapangan untuk memonitoring dan mengevaluasi Reforma Agraria dan kondisi akses Desa Kekep.

Baca Juga: Angka Kesembuhan PMK di Kabupaten Kediri Meningkat Tajam, Ini Faktornya

"BPN dan Pemkot Batu sudah guyub sekali, mungkin itu salah satu faktor yang menyebabkan reformasi agraria di Kota Batu berhasil,” kata Nurbakti,Selasa (02/08).

Reforma Agraria sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2018 adalah Penataan Kembali Struktur Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah yang Lebih Berkeadilan melalui Penataan Aset dan Disertai dengan Penataan Akses Untuk Kemakmuran Rakyat Indonesia.

Sebanyak 113 KK di Dusun Kekep, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu menerima Sertifikat Redistribusi Tanah yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, Kamis (20/1) lalu.

Baca Juga: Ikuti Trofeo di Blitar, ini Lawan Yang akan Dihadapi Persedikab Kediri

Yang mana dari 138 Sertifikat Tanah seluas 3,7 hektar diserahkan kepada 113 Kartu Keluarga dengan rincian 107 sertifikat rumah untuk tempat tinggal, 24 bidang untuk pertanian serta 7 bidang untuk gudang dan kandang.

Dalam perkembangannya, penataan akses Dusun Kekep dimulai dari peningkatan kapasitas kelembagaan mulai dari pendampingan pembentukan koperasi produsen oleh Diskoperindag, pendampingan pembentukan Kelompok Wanita Tani oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan usaha melalui PLUT KUMKM dan fasilitasi akses permodalan oleh Bank BRI.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Predikat Kota Wisata, PAD Kota Batu  Belum Maksimal

Selasa, 27 September 2022 | 14:56 WIB

Program RTLH di Kota Batu Bertambah, ini Sebabnya

Senin, 26 September 2022 | 15:18 WIB

Pemkot Batu Bakal Programkan Mobil Listrik Tahun Depan

Senin, 26 September 2022 | 14:51 WIB

Angka Penggangguran di Kota Batu Tembus 14 Ribu

Minggu, 25 September 2022 | 16:12 WIB

P-APBD Batu Tangani Inflasi Dianggarkan Rp 3,5 Miliar

Kamis, 22 September 2022 | 15:17 WIB

Resahkan Warga Batu, Sindikat Pencuri Kambing Dibekuk

Rabu, 21 September 2022 | 12:03 WIB
X