• Kamis, 1 Desember 2022

Galuh Nuril Latifah, Penerima Beasiswa Global Undergraduate Exchange, Uang dari Mengajar untuk Biaya Ikut Sele

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:41 WIB
Galuh Nuril Latifah saat ditemui di Kampus IAIN Kediri
Galuh Nuril Latifah saat ditemui di Kampus IAIN Kediri

Koranmemo.com - Merasakan pendidikan di luar negeri merupakan impian banyak orang, terlebih pendidikan yang diberikan di negara maju seperi Amerika Serikat. Negara yang memiliki banyak universitas ternama seperti Harvard, MIT, dan Stanford ini telah menjadi salah satu kiblat pendidikan di dunia.

Galuh Nuril Latifah (22) seorang mahasiswa semester 6 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri adalah seorang pelajar dari Kota Kediri yang memiliki kesempatan untuk merasakan pendidikan di Amerika Serikat.

Galuh Nuril Latifah atau yang biasa disapa Tifa merupakan salah satu penerima beasiswa Global Undergraduate Exchange (Global UGRAD) dari Fulbright Indonesia. Ia berkesempatan merasakan bagaimana proses pembelajaran di Wright State University Ohaiyo selama satu semester.

Bisa berkuliah di Amerika merupakan salah satu mimpinya yang akhirnya bisa menjadi kenyataan. Mimpi kuliah di luar negeri itu telah terpupuk di benak mahasiswa jurusan matematika ini sedari kecil.

Baca Juga: Bedhol Pusaka Kitab dan Panji Awali Rangkaian Hari Jadi Blitar

“Alhamdulillah beasiswa ini menanggung semua yang diperlukan, mulai dari biaya kuliah hingga tempat tinggal,” ujar Tifa sembari tersenyum.

Inspirasinya untuk berkuliah di luar negeri ini terbentuk dari kegemarannya dalam membaca. Dari kegemarannya itu, wawasan yang ia miliki semakin terbuka dan membuatnya haus akan informasi.

Informasi mengenai beasiswa ini juga merupakan hasil pencariannya sendiri. Menurutnya, dengan adanya internet telah memudahkan untuk memperoleh informasi, untuk itu perlu dimanfaatkan sebaik mungkin.

Ia bercerita, untuk memperoleh beasiswa ini perlu menjalani tahapan seleksi yang tidak sedikit. Mulai seleksi administrasi, tes TOEFL, hingga wawancara. Ada ribuan peserta lain yang perlu ia singkirkan untuk memperoleh beasiswa ini.

Baca Juga: Bupati Kediri Mas Dhito Serahkan Penghargaan dan Beasiswa untuk Atlet Peraih Medali di Porprov 2022 Jatim

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Kediri Dorong Anak Muda Cakap Digital

Selasa, 29 November 2022 | 18:55 WIB
X