• Senin, 15 Agustus 2022

Ratusan Petani di 3 Desa Kediri Gelar Sedekah Bumi, Setelah Terlibat Konflik dengan PT GBS

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:26 WIB
para petani bersama Wakil Ketua DPR RI Komisi VI dan Wakil Bupati Kediri saat mengikuti upacara sedekah bumi   (ist)
para petani bersama Wakil Ketua DPR RI Komisi VI dan Wakil Bupati Kediri saat mengikuti upacara sedekah bumi (ist)

 

Kediri, koranmemo.com - Ratusan petani yang ada di tiga desa di Desa Blaru, Krecek, dan Karang Tengah Kecamatan Badas Kabupaten Kediri menggelar upacara sedekah bumi, Jumat (5/8/2022) pukul 14.30 WIB.

Acara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur petani atas nikmat dari Allah SWT atas pemberian lahan pertanian yang subur.

Adapun, hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPR RI Komisi VI Anggia Ermarini, Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa, Forkopimcam Badas, jajaran pemerintah di tiga desa, tokoh masyarakat, Tokoh Agama ketua MWCNU Badas KH. Khoirul Basar dan beberapa Badas otonom NU.

Upacara ini diawali dengan pembacaan tahlil dan doa bersama yang kemudian diakhiri dengan acara potong tumpeng dan pembagian tumpeng sayuran hasil dari pertanian.

Baca Juga: 3 Wisata Mata Air Populer di Kediri, Nuansa Asri dan Sejuk Bikin Nongkrong Makin Asyik

Wakil Bupati Kediri, Dewi Maria Ulfa saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, lahan pertanian ini sudah diatur dan tertuang dalam Perda RT/RW Kabupaten Kediri. Dimana, dalam hal ini tidak boleh beralih fungsi. Kemudian, Pemkab Kediri juga menjembatani harapan masyarakat yaitu pengajuan hak atas tanah.

"Nantinya akan kami komunikasikan pada pihak yang terkait seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN)," katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPR RI Komisi VI Anggia Ermarini menegaskan, apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kediri memang benar karena semua aturan sudah diatur dan kini tinggal dijalankan. Tak hanya itu, dia menyebutkan bahwa wajah masyarakat sudah beda hari ini dengan kehadirannya di bulan agustus tahun lalu dari pada situasi masih memanas dulu.

Baca Juga: Pagelaran dan Bursa Keris, Wali Kota Kediri: Bisa Jadi Edukasi untuk Generasi Muda 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ditabrak Bus Harapan Jaya, Pengendara Tossa Meninggal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:22 WIB
X