• Rabu, 5 Oktober 2022

Apa Itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ini Penjelasannya

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:47 WIB
Dr Nur Miftahul Fuad Kabid Disdak Disdik Kabupaten Kediri. (bakti/memo)
Dr Nur Miftahul Fuad Kabid Disdak Disdik Kabupaten Kediri. (bakti/memo)

Kediri, koranmemo.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri di tahun ajaran 2022-2023 ini menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Konsep Kurikulum Merdeka Belajar merupakan pemetaan kemampuan dan minat siswa.

Kurikulum Merdeka Belajar ini diterapkan untuk semua sekolah utamanya jenjang SD klas I dan IV sedangkan untuk SMP Klas VII.

Kepala Disdik Kabupaten Kediri Dr. Muhsin SPdi melalui Dr. Nur Miftahul Fuad MPd Kabid Pendidikan Dasat (Dikdas) Disdik Kabupaten Kediri menjelaskan Kurikulum Merdeka Belajar ini adalah bagian proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

“Kurikulum yang ada tetap dipakai namun penambahan materi yang berupa pembelajaran deferensiasi. Pembelajaran diferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir perbedaan kemampuan siswa,” katanya.

Baca Juga: Antusiasme Warga Kota Madiun Naik Bus On Tour Gratis, Kadishub: Layanan untuk Menarik Wisatawan

Tim akan memetakan kemampuan peserta didik dan terpantau pola,kesiapan dan minat belajar. Disetiap sekolah beda polanya sesuai dengan tema yang ada.

Ditambahkan Fuad, konsep ini disiapkan satu tahun dan tahun depan sudah bergeser ke mandiri berubah. Yang berarti Disdik secara umum sudah menerapkan secara keseluruhan Kurikulum Merdeka Belajar.

“Konsep ini untuk pendidikan dasar kelas awal,klas atas dan jenjang SMP. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan perampingan dari kurikulum 2013. Hal ini disebabkan saat pandemi Covid 19 dan disdik memakai kurikulum darurat dan diambil pelajaran yang paling penting,” ujarnya.

Fuad menambahkan, muatan yang terlalu mendalam saat itu dihapus. Misal dalam satu mata pelajaran dari delapan bisa jadi lima pelajaran.

Baca Juga: Dana Cukai Ponorogo Capai Rp 23 Miliar, Bupati Sugiri Minta Penggunaannya Harus Tepat Sasaran

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X