• Kamis, 6 Oktober 2022

Targetkan Nilai 4, Pemkot Kediri Gelar Bimtek Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:35 WIB
Targetkan Nilai 4, Pemkot Kediri Gelar Bimtek Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi
Targetkan Nilai 4, Pemkot Kediri Gelar Bimtek Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

Kediri, koranmemo.com - Pemerintah Kota Kediri menargetkan nilai 4 dalam penilaian maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi.

Untuk itu, Inspektorat gelar Bimtek Penilaian Maturitas SPIP terintegrasi, Senin, (8/8) hingga Rabu, (10/8) mendatang, di gedung pertemuan salah satu hotel di Kota Kediri,

Diikuti oleh 12 OPD di Kota Kediri hasil sampling yang memenuhi 30% sasaran strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan 40% anggaran APBD, kegiatan ini melibatkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur.

Ke-12 OPD tersebut meliputi Bagian Organisasi, BPPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Diskominfo, Dinas Pendidikan, Disperdagin, DPUPR, Bappeda, DLHKP, BKPSDM, dan Inspektorat.

Baca Juga: Explore Keindahan Wisata Kediri, Mulai dari Kampung Inggris Hingga Air Terjun yang Menyejukkan

Dijelaskan Wahyu Kusuma Wardhani, inspektur inspektorat Kota Kediri bahwa kegiatan penilaian maturitas SPIP terintegrasi ini berdasarkan peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang penilaian mandiri maturitas SPIP terintegrasi.

“Berdasarkan peraturan tersebut mewajibkan setiap Kementerian/Lembaga/Daerah harus melakukan penilaian mandiri,” ucapnya, Senin, (8/8).

“Melalui penilaian mandiri maturitas SPIP ini maka dapat diketahui sampai dimana penyelenggaraan SPIP di masing-masing OPD khususnya dan Pemerintah Kota kediri.” imbuh wahyu.

Baca Juga: Gugah Nasionalisme, Guru SMK di Ponorogo Bagikan Bendera Merah Putih secara Gratis

Lebih lanjut, berdasarkan target RPJM Nasional tahun 2015-2019 untuk maturitas SPIP setiap Kementerian/Lembaga/Daerah minimal berada di level 3. “Nilai SPIP Kota Kediri sudah berada di level 3 namun kami targetkan tahun ini mencapai skor 4,” kata Wahyu.
Sedangkan pada RPJMN tahun 2020-2024 menargetkan Manajemen Register Indeks minimal nilainya 3.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X