• Rabu, 5 Oktober 2022

Bawaslu Pastikan Jajarannya Tak Terindikasi Parpol

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:44 WIB
Aplikasi infopemilu yang berisi tentang pengecekan NIK. (Ist)
Aplikasi infopemilu yang berisi tentang pengecekan NIK. (Ist)

Blitar, koranmemo.com - Bawaslu Kabupaten Blitar komitmen untuk independen tak terkait partai politik (parpol). Untuk mengetahui dan memastikan tidak ada jajarannya yang masuk keanggotaan parpol, ditindaklanjuti dengan pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Ya, seluruh komisioner, koordinator sekretariat,staf PNS dan non-PNS, serta mahasiswa magang dicek NIK-nya.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat serta kelompok masyarakat tertentu yang dilarang menjadi anggota parpol seperti ASN, TNI dan Polri, untuk mengecek dalam fitur cek NIK dari KPU tersebut," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin, Rabu (10/8).

Hakam mengatakan, dari hasil pengecekan NIK di Bawaslu Kabupaten Blitar dipastikan tidak ada yang masuk ke dalam keanggotaan parpol. Baik dari komisioner, koordinator sekretariat serta seluruh jajaran.

Baca Juga: Puluhan Buruh di Jombang Demo, Batalkan Omnibuslaw Cipta Kerja karena Kondisi Buruh Belum Membaik

“Alhamdulillah dari hasil cek NIK, seluruh jajaran dan mahasiswa yang magang dari UM dan UIN Satu tidak ada yang terdaftar dalam Sipol,” kata Hakam.

Nah, setelah memastikan seluruh jajaran tidak ada yang masuk ke dalam Sipol, pihaknya mengimbau kepada warga untuk turut menggunakan fitur cek NIK tersebut. Sebab, ada potensi warga yang tidak menjadi anggota parpol, namun terdaftar pada sistem informasi parpol (Sipol).

“Untuk itu, pada tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol peserta Pemilu 2024, Bawaslu mengajak seluruh warga untuk menggunakan fitur cek NIK pada laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik ,” jelas Hakam.

Nah, bagaimana cara mengeceknya? Agar bisa mengetahui nama anda terdaftar anggota parpol atau tidak, bisa dengan membuka laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.
Setelah itu, akan muncul tampilan laman utama Info Pemilu KPU, pengguna akan dihadapkan pada enam fitur yaitu Tahapan Pemilu, JDIH KPU, PPID KPU, Lindungi Hakmu, Cek Anggota Parpol, dan Lapor!.

Baca Juga: Bandar dan Pengedar Narkoba Pare Ditangkap Satresnarkoba Polres Kediri

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Digerus Air Hujan, Plengsengan Jatimalang Ambrol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:54 WIB

Pasar Dimoro Kota Blitar Masih Sepi Penjualan Ternak

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:07 WIB

KPU Kota Blitar Tetapkan DPB, Ada 2.731 Pemilih Pemula

Jumat, 30 September 2022 | 16:43 WIB

Pastikan Bansos BBM Sembako Tersalurkan Oktober

Kamis, 29 September 2022 | 19:56 WIB

Belasan Ribu Bayi Bakal Divaksin Anti Radang Paru

Rabu, 28 September 2022 | 11:36 WIB
X