• Kamis, 6 Oktober 2022

Layanan Helpdesk KPU Kabupaten Kediri, Dimanfaatkan Parpol Baru

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:53 WIB
Anwar Ansori, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten saat menyampaikan. (rizky/memo)
Anwar Ansori, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten saat menyampaikan. (rizky/memo)

Kediri, koranmemo.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri telah membuka meja bantu (helpdesk) dalam tahapan untuk membantu partai politik yang ingin berkonsultasi atau mencari informasi mengenai pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu.

Di KPU Kabupaten Kediri sendiri, helpdesk banyak dimanfaatkan oleh partai politik baru untuk melakukan konsultasi mulai dari masalah kelengkapan berkas kepengurusan dan apa yang diperlukan saat KPU daerah melakukan verifikasi administrasi maupun faktual.

Sejauh ini, sudah ada lima partai baru yang telah memanfaatkan help desk KPU Kabupaten Kediri untuk berkonsultasi.

Baca Juga: Anggaran BTT untuk Penanganan PMK di Kota Kediri Sudah Cair

Anwar Ansori, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten menjelaskan, saat ini sudah masuk dalam tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024. Pendaftaran parpol dan penyampaian dokumen pendaftaran dilakukan di KPU RI yang dimulai pada Senin (1/8/2022) hingga Minggu (14/8/2022).

Meski demikian, dalam helpdesk ini ada kecenderungan partai baru yang datang di KPU Kabupaten Kediri yang sebelumnya bukan peserta di pemilu 2019 lalu. Partai baru yang datang tersebut seperti Partai Gelora dan PKN.

"Ada lima partai baru kesini. Mereka itu datang karena belum pernah mengikuti proses (tahapan pemilu) dan kebanyakan pengurusnya baru," katanya.

Dalam verifikasi, lanjut Anwar, diharapkan partai politik bisa segera melakukan penataan dan menyiapkan setiap hal terkait anggotanya mulai dari data, hingga hal-hal lain sebagai penunjang. Menurutnya, verifikasi faktual sendiri berlaku untuk partai politik baru, dan partai politik kontestan 2019.

Baca Juga: Mas Bup Dhito Bagikan 400 Bendera Merah Putih

"Tentunya tidak memenuhi ambang batas perolehan suara dan tidak memiliki kursi di parlemen," ucapnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X