• Sabtu, 10 Desember 2022

Sekat Kriminalitas Pada Jam Kritis di Wilayah Pesisir Trenggalek dengan Sulingmas

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:08 WIB
Petugas kepolisian saat patroli  (angga/memo)
Petugas kepolisian saat patroli (angga/memo)

 

Trenggalek, koranmemo.com - Tindakan kriminalitas yang rentan terjadi pada jam-jam kritis mulai dini hari hingga menjelang subuh di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek diantisipasi pihak kepolisian setempat. 

Untuk mengantisipasinya, Polsek Watulimo menggencarkan patroli menjelang subuh untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Ide Sulingmas atau subuh keliling jaga kamtibmas berangkat dari permasalahan bahwa jam-jam rawan gangguan kamtibmas sering kali terjadi pada tengah malam hingga subuh dini hari,” kata Kapolsek Watulimo, AKP Suyono.

Patroli itu diselenggarakan tiap hari, dilaksanakan oleh petugas gabungan dari unit polsek yang tengah piket jaga. 

Baca Juga: Indahnya Wisata Coban Jahe Malang Jawa Timur, Intip Harga Tiket dan Spot Instagramable

Mereka akan berkeliling ke kampung-kampung pada jam-jam rawan kriminalitas itu dan ditutup dengan kegiatan salat berjemaah di masjid yang tersebar di daerah tersebut.

Sulingmas diharapkan bisa menekan, menyekat gangguan kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga di pesisir Trenggalek tersebut.

“Banyak manfaat yang bisa kami dapatkan. Selain kamtibmas lebih terjaga, komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat pada saat salat subuh akan terjalin lebih baik sehingga harmonisasi dan kedekatan antara kepolisian dengan masyarakat menjadi lebih erat. Ini sekaligus sebagai media sosialisasi penyampaian pesan-pesan kamtibmas,” pungkasnya.

Selain Sulingmas, Polsek Watulimo juga membuat sejumlah terobosan program untuk menciptakan kondusivitas wilayah. Diantaranya seperti Patroli Ledang Pantau Pesisir (Padang Pasir) yang dikhususkan bagi wisatawan, Belajar Sebelum Ujian Sim (Besan Sim) untuk segi lalu lintas, Taman Komunikasi Sahabat Kamtibmas (Makosimas) dan Gerakan Tanam Rawat Unduh (Gentaratu). Inovasi itu mendapat penghargaan dari Kapolres Trenggalek, AKBP Alith Alarino.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X