• Kamis, 6 Oktober 2022

Untuk Pilwali, Ini Anggaran Yang Diajukan KPU Kota Kediri

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:07 WIB
Kantor KPU Kota Kediri  (dok.Bayu/Memo)
Kantor KPU Kota Kediri (dok.Bayu/Memo)

Kediri, koranmemo.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri telah mengambil ancang-ancang untuk perhelatan Pemilihan Wali Kota pada 2024 mendatang. Untuk menunjang perhelatan tersebut, KPU Kota Kediri telah mengajukan anggaran sebesar Rp 29,8 miliar kepada Pemkot Kediri.

Moch. Wahyudi Divisi Sosialisasi KPU Kota Kediri mengatakan, anggaran yang diajukan ini telah disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari honor petugas hingga kebutuhan pendukung lainnya.

“Yang diajukan sekitar Rp 29,8 miliar, sebelumnya anggaran yang diajukan sekitar Rp 32 miliar. Namun setelah didiskusikan ada beberapa yang bisa dipangkas hingga tercetus angka Rp 29,8 miliar,” kata Wahyudi, Minggu (14/8).

Anggaran yang diajukan untuk tahun 2024 ini naik sekitar dua kali lipat ketika dibandingkan dengan perhelatan pemilihan wali kota pada tahun 2018 silam. Saat itu KPU Kota Kediri menganggarkan sekitar Rp 15,3 miliar.

Baca Juga: Berstatus Invalid, Ini Usulan untuk Ratusan Koperasi di Tulungagung

Anggaran yang diajukan tersebut memperkirakan akan ada 8 calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang berkontestasi. Dimana dari 8 pasangan calon tersebut perkiraannya 6 dari partai dan 2 dari jalur independen.

“Karena kita juga belum tahu siapa yang akan maju, jadi ini perkiraan,” ujarnya.

Wahyudi menjelaskan, penggunaan anggaran tersebut dilakukan untuk berbagai keperluan pilkada baik sosialisasi, pembelian logistik, dan keperluan lainnya. Anggaran yang diajukan itu juga menyesuaikan kenaikan honor badan ad hoc, sesuai dengan penyesuaian yang telah dibuat oleh KPU RI.

“Seperti untuk Ketua PPK, pada pemilu 2019 lalu honornya sebesar Rp 1.850.000, untuk pemilu 2024 mendatang honornya menjadi Rp 2.500.000,” ujarnya.

Baca Juga: Marc Marquez Berencana Gabung Tim, Begini Kondisinya

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X