• Kamis, 8 Desember 2022

Gerilya Petakan Warga yang Belum Terdaftar Adminduk

- Rabu, 21 September 2022 | 12:57 WIB
Petugas saat melakukan perekaman adminduk kepada warga  (angga/memo)
Petugas saat melakukan perekaman adminduk kepada warga (angga/memo)

 

Trenggalek, koranmemo.com - Pendataan masif Administrasi Kependudukan (Adminduk) dilakukan Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022.

Pendataan dilakukan dengan cara bergerilya di masing-masing desa agar seluruh warga teregister dalam adminduk.

“Saya minta kepada seluruh camat dan desa di wilayah agar segera memetakan siapa saja warganya yang belum tercatat ke dalam dokumen kependudukan. Tolong Dukcapil sampai Regsosek selesai dan seterusnya untuk keliling dan dijadwalkan dicari desa-desa yang paling registrasi kependudukan yang cangkupan nya masih minim. Saya tahu bapak ibu yang paling tahu kondisi di bawah, mohon dicapture kondisi yang sesungguhnya,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Baca Juga: Pantau Pelaksanaan ANBK SMP, Ini Yang Dilakukan Disdik Kabupaten Kediri

Gerilya itu dilakukan untuk mendata seluruh warga ke dalam dokumen kependudukan sehingga dapat dipastikan data yang disajikan benar-benar sesuai fakta di lapangan. Artinya kebijakan yang diambil pemerintah bisa tepat sasaran, misalnya soal penyaluran bantuan sosial. Sebab, validasi dan akurasi data menjadi salah satu tolak ukur untuk mendukung suksesnya sebuah program. Selain itu diharapkan data itu bisa diupgrade secara periodik seiring perkembangan kesejahteraan sosial.

“Harapan kami data yang kemudian disajikan pemerintah itu data yang sudah menggambarkan kondisi sebenarnya. Harapannya sudah memunculkan by name by address. Jadi kalau kemudian ada updating prosentase kemiskinan yang baru mungkin data dari Regsosek ini bisa lebih kita yakini angkanya. Karena benar-benar berbasis jumlah yang dilakukan secara sensus,” imbuhnya.

Selain pendataan Adminduk, Mas Ipin meminta jajarannya agar melakukan pendataan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bumi Menak Sopal agar terdaftar di online single submission (OSS). Tujuannya agar dapat diketahui apa saja usaha yang dimiliki, omzet hingga skala usaha.

Baca Juga: Resahkan Warga Batu, Sindikat Pencuri Kambing Dibekuk

“Karena nanti program seperti pengendalian inflasi yang kita sasar bukan hanya masyarakat kecil, tetapi juga para pelaku usaha yang diharapkan bisa menekan harga untuk menahan laju inflasi,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X