• Sabtu, 26 November 2022

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Seleksi 9 Anggota Panwascam

- Rabu, 21 September 2022 | 13:10 WIB
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman S.T. (Arief/memo)
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman S.T. (Arief/memo)

 

Batu,koranmemo.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu membuka pendaftaran seleksi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Legislatif dan Pilpres tahun 2024 mendatang. Total kebutuhan untuk Panwascam sebanyak 9 orang.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman S.T mengatakan bahwa proses pendaftaran calon Bawaslu dimulai tanggal 15 – 21 September 2022. Selanjutnya untuk penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam akan dilaksanakan 21 – 27 September 2022.

“Pemilihan Legislatif dan Pilpres tahun 2024 tinggal menunggu waktu. Saat ini Bawaslu Kota Batu mengalami kekurangan SDM untuk Panwascam sebanyak 9 orang. Untuk memenuhi kebutuhan itu kami membuka pendaftaran calon anggota Panwascam,” ujar Nurochman, Rabu (21/09).

Baca Juga: Gerilya Petakan Warga yang Belum Terdaftar Adminduk

Ia menjelaskan, nantinya pendaftaran akan melalui assesment terlebih dahulu. Kemudian dari proses pemilihan akan terpilih 9 orang yang akan ditempatkan pada tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Batu 3 orang, Kecamatan Junrejo 3 orang dan Kecamatan Bumiaji 3 orang.

“Dalam proses seleksi Panwascam nanti juga diberlakukan komposisi keanggotaan Panwaslu Kecamatan. Yaitu dengan memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen. Artinya akan dipilih dua orang laki-laki dan satu orang perempuan di tiap kecamatan,” bebernya.

Lebih lanjut, mereka yang terpilih nantinya akan bertugas melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu. Mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan, yang terdiri atas mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah kecamatan.

Baca Juga: Pantau Pelaksanaan ANBK SMP, Ini Yang Dilakukan Disdik Kabupaten Kediri

Sementara untuk persyaratan pendaftar diungkap Rochman ada 16 kriteria. Paling rendah usia 25 tahun, tidak pernah dipidana. Kemudian Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Satlantas Polres Batu Gencarkan POLBINDES

Rabu, 23 November 2022 | 16:59 WIB

Musorkot KONI Kota Batu Digelar Desember 

Rabu, 23 November 2022 | 16:53 WIB

67 Atlet Cabor Brigde Berebut Juara di Porwanas 2022

Selasa, 22 November 2022 | 21:22 WIB

UMK Kota Batu Belum Ditetapkan, Ternyata Ini Alasannya

Minggu, 20 November 2022 | 12:48 WIB
X