• Sabtu, 26 November 2022

Wali Kota Batu Buka Sosialisasi Digitalisasi E-Parkir Kepada Jukir

- Rabu, 21 September 2022 | 13:47 WIB
Wali Kota Batu dan Wakil Wali Kota Batu membuka sosialisasi Digitalisasi E-Parkir kepada Juru Parkir Kota Batu, di Hotel Aster (21/9). (Arief/memo)
Wali Kota Batu dan Wakil Wali Kota Batu membuka sosialisasi Digitalisasi E-Parkir kepada Juru Parkir Kota Batu, di Hotel Aster (21/9). (Arief/memo)

Batu,koranmemo.com - Wali Kota Batu dan Wakil Wali Kota Batu membuka sosialisasi Digitalisasi E-Parkir kepada Juru Parkir (jukir) Kota Batu, di Hotel Aster (21/09).

Selain diikuti oleh jukir se Kota Batu, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kejaksaan Negeri, Perwakilan dari BNN, dan Sistem Analis dari Databumi.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, membuka acara dengan menyampaikan bahwa retribusi tepi jalan yang dihimpun oleh Dinas Perhubungan (Dishub) masih sangat jauh dari target. Namun, di sisi lain, pajak restoran yang belum setengah tahun sudah bisa mencapai target. Saat ini, total pendapatan retribusi tepi jalan baru tercapai Rp564 juta dari target Rp8,5 miliar.

Baca Juga: Mau Liburan ke Jatim Park Group? Simak Harga Tiket Terbarunya

Wali Kota Batu mengingatkan bahwa hubungan antara jukir dan Pemkot Batu adalah hubungan yang saling menguntungkan. Dengan pembagian 60% untuk jukir dan 40% untuk Pemkot Batu, akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

“Monggo di forum ini, permasalahan yang ada di lapangan disampaikan, akan kita bicarakan. Semoga kedepan tidak ada rasa curiga antara jukir dan Dishub,” harap Wali Kota Batu.

Acara sosialisasi yan digelar selama 2 hari ini bertujuan untuk mengenalkan jukir pada sistem e-parkir Kota Batu, SiMePWKB, serta penggunaan alat Electronic Data Capture (EDC). Sehingga untuk pembayaran tarif parkir nantinya akan dikemas secara digital, dan pengguna jasa parkir tak perlu lagi membayar secara tunai.

Baca Juga: Terbongkar, Ternyata Ini 30 Orang Calo PPPK Yang Gentayagan di Ponorogo

Dengan cara itu, diyakini bisa mengurangi potensi kebocoran. Sebab juru parkir yang biasanya mengambil celah dengan tidak memberikan karcis parkir, sudah tidak bisa melakukan lagi. Selanjutnya, pembayaran secara digital itu akan langsung masuk ke Dishub melalui beberapa aplikasi pembayaran digital, seperti gopay dan ovo.

Meski demikian, pembayaran secara tunai kemungkinan juga masih bisa dilakukan. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila masih ada masyarakat yang gagap teknologi.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Satlantas Polres Batu Gencarkan POLBINDES

Rabu, 23 November 2022 | 16:59 WIB

Musorkot KONI Kota Batu Digelar Desember 

Rabu, 23 November 2022 | 16:53 WIB

67 Atlet Cabor Brigde Berebut Juara di Porwanas 2022

Selasa, 22 November 2022 | 21:22 WIB

UMK Kota Batu Belum Ditetapkan, Ternyata Ini Alasannya

Minggu, 20 November 2022 | 12:48 WIB
X