• Sabtu, 10 Desember 2022

Begini Kondisi ODGJ yang Dievakuasi Polres Nganjuk

- Rabu, 21 September 2022 | 20:02 WIB
SU (kaos hitam) saat dijemput Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson bersama rombongan dan dibawa ke Lamongan. (istimewa)
SU (kaos hitam) saat dijemput Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson bersama rombongan dan dibawa ke Lamongan. (istimewa)

Nganjuk, koranmemo.com - Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) inisial SU, perempuan warga Desa/Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, akhirnya mendapat penanganan serius.

Ini setelah Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang, Kasatlantas AKP Dini Annisa Rahmat, Aipda Purnomo anggota Polres Lamongan, dan petugas kesehatan dari RS Bhayangkara Nganjuk menjemput ODGJ ini di rumahnya.

ODGJ yang terkucilkan ini sebelum dijemput Polres Nganjuk, dirantai selama 25 tahun lantaran sering mengganggu orang lain, dengan melempar batu. Evakuasi terhadap SU pun dilakukan oleh Polres Nganjuk pada Rabu (21/9/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Setelah sampai di lokasi, kami langsung mengecek kondisi SU. Selanjutnya yang bersangkutan dilepas rantainya, lalu diperiksa oleh tim medis,” ujar Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang.

Baca Juga: BPS Kota Madiun Lakukan Data Regsosek Mulai Oktober 2022

Tak hanya itu, usai rantai terlepas, Boy ikut memotong rambut SU, kemudian dimandikan, lalu diganti pakaiannya. Barulah SU dievakuasi ke Yayasan Rumah Singgah Berkas Kasih Kabupaten Lamongan, milik Aipda Purnomo.

Boy mengatakan, penjemputan ini merupakan respon cepat Polres Nganjuk dalam melakukan sebuah penanganan.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat marilah kita membantu masyarakat di sekitar kita,” tukas Boy seraya berharap SU dapat hidup normal kembali.

Sementara itu, Kapolres Ngronggot AKP Samsul Hadi menambahkan, SU dirantai oleh pihak keluarganya sejak 25 tahun yang lalu.

“Dulunya SU ini sering mengamuk, dan sering melempari batu kepada setiap warga yang lewat, makanya dirantai oleh keluaraga,” kata Samsul.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maling Satroni SMKN Lengkong, Uang Rp70 Juta Digasak

Jumat, 9 Desember 2022 | 18:52 WIB

Jamaah Sae Kejari Nganjuk Masuk Pesantren Bekali 800 Dai

Minggu, 27 November 2022 | 11:47 WIB

Gelar Rakor Penyusunan IKP, ini Tujuan Bawaslu Nganjuk

Sabtu, 19 November 2022 | 12:19 WIB
X