• Kamis, 8 Desember 2022

Peresmian Operasional dan Alih Teknologi TPA Sanitary Landfill Program Eric-SWM di Jombang

- Rabu, 21 September 2022 | 21:19 WIB
Peresmian operasional dan alih teknologi TPA Banjardowo. (ist)
Peresmian operasional dan alih teknologi TPA Banjardowo. (ist)

Jombang, koranmemo.com - Peresmian Operasional dan Alih Teknologi TPA Sanitary Landfill Program Emission Reduction In Cities Solid Waste Management (Eric-SWM) dan launching Program Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Desa Banjardowo Kecamatan Jombang, dilakukan Rabu (21/9).

Seremonial peresmian ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Mr. Burkhard Hinz Country Director of KfW Office Indonesia dan M. Reva Sastrodiningrat Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur dan dimulainya operasional dumping sampah ke zona sanitary landfill.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) wilayah Jawa Timur, M. Reva Sastrodiningrat menyampaikan, Kabupaten Jombang merupakan salah satu diantara 4 kabupaten/kota yang berkomitmen melaksanakan program Kementerian PUPR dengan pembiayaan Pemerintah Swiss dan Jerman yaitu Emission Reduction In Cities – Solid Waste Management (Eric-SWM) sejak tahun 2010, bersama Kota Jambi, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Malang.

"Sebagaimana tujuan program, komitmen ini tentunya merupakan tujuan jangka panjang dan berkelanjutan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten dalam penurunan emisi gas rumah kaca, dan mewujudkan pengelolaan sampah terutama TPA secara lebih baik," tutur Reva Sastrodiningrat.

Baca Juga: Winger Kiri Persedikab Absen Latihan, Ini Penyebabnya

Sementara, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam mewujudkan TPA yang lengkap dan ramah lingkungan.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan seluruh lembaga dan negara donor yang telah membantu dan memberikan dukungan kepada Kabupaten Jombang untuk membangun tempat pemrosesan sampah dengan teknologi yang sangat lengkap dan tentunya lebih ramah lingkungan," tutur Mundjidah Wahab.

Bupati Jombang menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mengoperasionalkan dan memanfaatkan seluruh sarana dan prasarana dengan baik.

"Serta memaksimalkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan pelayanan persampahan di masyarakat," tambah Bupati.

Baca Juga: 10 Tempat Keramat di Gunung Arjuno, Ada Gubuk Hantu hingga Sosok Siluman Ular Naga

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X