• Kamis, 6 Oktober 2022

Sadarkan Pentingnya Legalitas Hukum, Ini Yang Dilakukan DKPP Kota Kediri Terhadap UMKM

- Jumat, 23 September 2022 | 06:45 WIB
Sadarkan Pentingnya Legalitas Hukum, Ini Yang Dilakukan DKPP Kota Kediri Terhadap UMKM
Sadarkan Pentingnya Legalitas Hukum, Ini Yang Dilakukan DKPP Kota Kediri Terhadap UMKM

Kediri, koranmemo.com - Sejumlah dua puluh lima orang pelaku UMKM di bidang perikanan mengikuti kegiatan Sosialisasi Perizinan Berusaha bagi Pelaku Usaha Perikanan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, Kamis (22/9). 

Bertempat di Aula DKPP Kota Kediri, dalam sosialisasi tersebut DKPP bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), KPP Pratama Kediri, serta BPJS Ketenagakerjaan Kediri sebagai narasumber.

Moh Ridwan, kepala DKPP Kota Kediri menuturkan bahwa kegiatan ini perlu diketahui oleh para pelaku usaha bidang perikanan dengan tujuan untuk memberi edukasi kepada pelaku usaha bahwa stigma negatif mengenai perizinan nyatanya justru menguntungkan para pelaku usaha. 

Baca Juga: Digugat Cerai Bupati Purwakarta, Dedy Mulyadi Sindir Istri Lewat Ungguhan IG?

“Perizinan itu penting mereka lakukan untuk memudahkan akses permodalan, mendapatkan jaminan tenaga kerja, dan juga sebagai bahan pembinaan bagi kami,” jelas Ridwan. Di samping itu izin usaha juga diperlukan sebagai payung hukum agar usaha yang dijalankan memiliki kepastian hukum, perlindungan usaha, dan legalitas usaha.

Ridwan menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu mendukung berbagai upaya demi kemajuan kelompok perikanan di Kota Kediri.

“Kami terus fasilitasi pelaku usaha perikanan, seperti penggunaan OSS, lalu bekerjasama dengan KPP Pratama Kediri agar para pelaku usaha lebih paham tentang hak dan kewajiban wajib pajak bagi UMKM, kemudian dari BPJS Ketenagakerjaan yang benefitnya jelas menguntungkan pelaku usaha,” terang Ridwan. 

Ia berharap melalui sosialisasi ini para pelaku usaha sadar bahwa perizinan merupakan hal yang penting bagi sebuah usaha.

Baca Juga: Curi Motor dan Ponsel di Ponpes, Pria di Tulungagung Digelandang Polisi

Dalam kegiatan tersebut, Eko Nurul Kasijanto, Analis Kebijakan Ahli Muda (Sub koordinator perizinan usaha) DPMPTSP Kota Kediri selaku narasumber menerangkan bahwa saat ini proses perizinan berusaha semakin mudah dalam sistem online, yakni melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). Selain itu untuk pemrosesan perizinan berusaha juga tidak perlu datang ke kantor DPMPTSP melainkan bisa diakses di mana saja secara online.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X