• Kamis, 8 Desember 2022

Sumbang Angka Kemiskinan dan Perceraian, Trenggalek Gandeng UNAIR Tekan Laju Perkawinan Anak

- Jumat, 23 September 2022 | 13:22 WIB
Perwakilan Trenggalek saat membahas kerja sama dengan FISIP UNAIR  (ist)
Perwakilan Trenggalek saat membahas kerja sama dengan FISIP UNAIR (ist)

 

Trenggalek, koranmemo.com - Masih adanya praktik pernikahan anak di Kabupaten Trenggalek menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

Sebab pernikahan anak itu rentan menyumbang angka kemiskinan hingga perceraian di Bumi Menak Sopal.

Untuk mengurai itu, pemerintah daerah setempat menggandeng Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP UNAIR) untuk menekan laju pernikahan anak.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Trenggalek, Edy Soepriyanto mengatakan, kerja sama dengan FISIP UNAIR itu sebagai tindak lanjut program desa nol perkawinan anak yang diluncurkan pada Agustus lalu. Upaya itu diharapkan bisa menurunkan angka perkawinan anak di Trenggalek yang saat ini masih berada di atas rata-rata nasional.

Baca Juga: Peringati Hari Badak se-Dunia, Batu Secret Zoo Bikin Special Photo Challenge

Data yang dihimpun dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) setempat, pernikahan anak tahun 2021 tertinggi di Jawa Timur, mencapai 956 perkawinan atau naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 456 perkawinan.

“Kita menindaklanjuti program nol desa perkawinan anak. Upaya itu diharapkan bisa menurunkan angka perkawinan anak di Kabupaten Trenggalek,” kata Edy.

Edy menjelaskan ada banyak faktor yang menyebabkan praktik pernikahan anak masih kerap ditemui. Mulai aspek ekonomi, kebiasaan masyarakat di sebuah lingkungan tertentu hingga adanya kemungkinan dampak pergaulan bebas yang menyebabkan kehamilan di luar nikah. Padalah jika di kaji, pernikahan anak rentan menimbulkan dampak, mulai dari kemiskinan karena belum siapnya perekonomian hingga perceraian dikarenakan belum siapnya secara psikologis.

Baca Juga: Raih Opini WTP 11 Kali berturut-turut, Ini Kata Wali Kota Malang

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X