• Rabu, 30 November 2022

Tekan Stunting hingga 14 Persen, Pemkab Ponorogo Terjunkan Sebanyak 751 Tim Pendamping Keluarga

- Jumat, 23 September 2022 | 17:35 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy saat bertemu salah satu keluarga stunting di Kecamatan Jambon Ponorogo beberapa waktu lalu
Menko PMK, Muhadjir Effendy saat bertemu salah satu keluarga stunting di Kecamatan Jambon Ponorogo beberapa waktu lalu

Ponorogo, koranmemo.com - Permasalahan stunting di Kabupaten Ponorogo, yakni sekitar 20 persen, nampaknya tak bisa dianggap enteng.

Meski saat ini, angka stunting di Kabupaten Ponorogo masih lebih rendah jika dibandingkan dengan Jawa Timur, yakni sekitar 23,5 persen.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo pun telah menargetkan penurunan stunting hingga 14 persen secara nasional.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ponorogo, Harjono telah mengerahkan tim untuk mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Pesepeda Lansia di Tulungagung Terkapar Meregang Nyawa Tertabrak Bus

Ada sebanyak 751 tim pendamping keluarga (TPK) yang diterjunkan untuk mendampingi balita yang mengalami kondisi gagal tumbuh (stunting) akibat akumulasi ketidakcukupan gizi itu.

"Tim pendamping yang diterjunkan Pemkab Ponorogo merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting," ungkap Harjono, Jumat (23/9/2022).

Nantinya, kata dia, 751 TPK akan mendatangi langsung rumah keluarga yang memiliki anak balita (bawah lima tahun) yang berisiko stunting.

Ratusan anggota TPK tersebut, tambah Harjono, juga akan melakukan verifikasi dan mevalidasi data keluarga berisiko stunting.

"Komunikasi, informasi dan edukasi selalu diberikan agar penurunan stunting di Kabupaten Ponorogo bisa dilakukan," terang Kepala DPPKB.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X