• Kamis, 8 Desember 2022

Ekskavasi Tahap Pertama, Begini Penampakan Situs Mbah Blawu

- Senin, 26 September 2022 | 19:49 WIB
Penampakan situs Mbah Blawu. (dok/memo)
Penampakan situs Mbah Blawu. (dok/memo)

Jombang, koranmemo.com - Proses ekskavasi situs Mbah Blawu di Desa Sukosari Kecamatan Jogoroto, telah selesai Sabtu (24/9) sore. Lalu bagaimana rencana selanjutnya?

Dikonfirmasi terkait ini, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang Dian Yunitasari mengatakan, pihaknya kini menunggu rekomendasi dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jatim.

"Ekskavasi selanjutnya masih menunggu jadwal dari Balai Pelestarian Kebudayaan Jatim. Diperkirakan nanti akhir Oktober kalau tidak awal November ini," katanya.

Terkait adanya limbah B3 di area situs Mbah Blawu, lanjut Dian, pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Baca Juga: Terlibat Judi Hongkong, Pria di Besole Ditangkap Polisi

"Rencananya akan dilakukan pemindahan secara bertahap. Dengan ekskavasi yang dilakukan, kita berupaya menyelamatkan cagar budaya yang ada di Jombang. Sehingga ke depan bisa memberikan wisata edukasi maupun referensi wisata sejarah yang ada di Jombang," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, proses ekskavasi situs Mbah Blawu di Desa Sukosari Kecamatan Jogoroto, telah selesai Sabtu (24/9) sore.

Selama 6 hari ekskavasi, tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah XI Jawa timur menggali 3 kotak dari 30 kotak gali yang sudah dibuat lokasi. Dari puluhan kotak gali, masing-masing ukurannya, yakni 4 meter persegi.

Sementara luas kawasan yang diekskavasi, tim hanya fokus di kawasan yang tak tertimbun tumpukan limbah, yakni di bagian selatan atau tengah dengan luas sekitar 120 meter.

Baca Juga: Diduga Cemburu, Pemandu Lagu di Nganjuk Disayat Pisau

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X