• Rabu, 30 November 2022

Tak Banyak yang Tahu, Manfaat Terasi untuk Kesehatan, Nomor 3 Sangat Penting

- Selasa, 27 September 2022 | 12:00 WIB
Terasi Cirebon
Terasi Cirebon

koranmemo.com – Bumbu masakan terasi yang kerap menjadi bahan campuran sambal, cah kangkung, seafood hingga nasi goreng ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bumbu terasi  yang punya banyak manfaat untuk kesehatan ini amat digemari di Indonesia. Bahan baku pembuatannya berupa udang rebon yang sudah difermentasi. 

Penduduk yang berada di daerah pesisir yang mayoritas membuat terasi secara tradisional dibuat . Namun dewasa ini, banyak pabrik yang telah memproduksi terasi kemasan secara modern.

Terasi biasanya digunakan sebagai tambahan untuk membuat sambal. Sambal yang diberikan terasi kemudian disebut dengan sambal terasi.  
 
 
Meski terasi memiliki bau yang tak sedap ketika belum diolah menjadi masakan namun  terasi sangat penting sebagai campuran bumbu masakan khususnya di Indonesia.

Dilansir dari Times Foodie, bumbu masak yang terbuat dari fermentasi udang rebon ini menyimpan beragam manfaat untuk tubuh ketika dikonsumsi. 
 
Seperti karbohidrat dan kalori yang rendah. Terasi juga mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin, yang bermanfaat untuk kesehatan kulit agar tidak keriput dan rusak akibat paparan sinar matahari.
 
Baca Juga: 15 Link Twibbon Peringatan G30S PKI 2022 dan Cara Pasangnya

Tak hanya itu, bahan baku terasi yang merupakan udang menjadikan terasi kaya akan nutrisi seperti Vitamin D, Vitamin B, fosfor, kalsium serta protein. Udang juga merupakan makanan laut yang memiliki sedikit lemak jenuh.

Berikut ini manfaat kesehatan yang didapat ketika mengkonsumsi terasi:

1. Membantu menurunkan berat badan: 
Karena terasi mengandung protein yang tinggi dan kalori yang rendah. Terasi bisa menjadi makanan tambahan bagi pelaku diet penurunan berat badan.
 
Terasi udang mengandung Vitamin B12 dan omega-3 yang membantu meningkatkan kinerja otak.

3. Meningkatkan mood: 
Manfaat ini didapat karena terasi mengandung tryptophan, trypthopan dapat membantu mengeluarkan sorotonin. Sorortonin sendiri merupakan hormon yang bisa meningkatkan mood.

4. Memperkuat tulang: 
Kandungan vitamin D dan fosfor dalam terasi dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan kepadatan  tulang serta dapat mencegah osteoporosis.

Demikianlah manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengkonsumsi terasi. Ternyata terasi merupakan bahan masakan yang kaya manfaat
 
Namun untuk anda yang hendak membeli terasi,  disarankan agar anda membeli terasi yang sudah memperoleh izin dari BPOM.***

Penulis : Suhaidi
 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba!

Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:33 WIB
X