• Sabtu, 10 Desember 2022

Massa FPPM Demo Kantor KPH Perhutani Blitar, Tuntut Laksanakan Program Perhutanan Sosial 

- Selasa, 27 September 2022 | 17:35 WIB
Massa FPPM ketika demo di depan Kantor KPH Perhutani di Jalan S Supriyadi Blitar.  (Aziz/memo)
Massa FPPM ketika demo di depan Kantor KPH Perhutani di Jalan S Supriyadi Blitar. (Aziz/memo)

Blitar, koranmemo.com - Ratusan massa mengatasnamakan Front Perjuangan Petani Matraman (FPPM) menggelar demo ke Kantor Perhutani Blitar.

Massa FPPM menuntut Perhutani Blitar mewujudkan program perhutanan sosial dan performa agraria tanpa kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).

Massa FPPM demo di depan Kantor KPH Perhutani di Jalan S Supriyadi Blitar, Selasa (27/9).

Dalam orasinya FPPM menuntut untuk mengusut dan memecat oknum Perhutani yang terbukti menghambat dan menggagalkan program Kawasan Hutan Dengan Pengelolaan Khusus atau KHDPK, Program perhutanan Sosial dan Reforma Agraria.

Baca Juga: Merdeka Belajar , Lamongan Berikan Literasi Kuliner Sejak Dini

"Karena pada l 5 April 2002 lalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya telah menetapkan Surat Keputusan nomor 287 yang berisi pengambil alihan pengelolaan kawasan hutan seluas 1,103.941 hektare dari Perhutani untuk dijadikan Kawasan Hutan Dengan Pengelolaan Khusus atau KHDPK," kata Ketua FPPM, Marjoko. 

Dia mengatakan kawasan yang diambil alih  berada pada kawasan hutan produksi dan hutan lindung. Lokasinya di empat  provinsi yaitu provinsi Jawa Tengh, Jawa Timur, Jawa Barat dan Banten.

Sementara di Blitar luas KHDPK untuk wilayah KPH Blitar sekitar 38 ribu hektare. Sebanyak 38 ribu hektar itu,  rincian 2 ribu hektare untuk redistribusi tanah dan lebih kurang 36 ribu hektar perhutanan sosial.

Dia menambahkan   penetapan KHDPK  dalam rangka  mengurangi areal yang tidak produktif. Selain itu juga untuk mengurangi area konflik yang selama ini tidak mampu diselesaikan Perhutani.

Baca Juga: Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar di Kabupaten Kediri Terjaring Razia Cendekia

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gudang di Blitar Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:56 WIB
X