• Sabtu, 10 Desember 2022

AKN Putra Sang Fajar Blitar Launching Prodi Operasionalisasi Perkantoran Digital 

- Selasa, 27 September 2022 | 21:46 WIB
Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar,  Dr. Drs. Halid Hasan, M.Strat.HRM., didampingi  Shanti Ike Wardani, S.AB., M.Si., Koordinator Program Studi Operasionalisasi Perkantoran Digital saat launching.  (Aziz/memo)
Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar,  Dr. Drs. Halid Hasan, M.Strat.HRM., didampingi  Shanti Ike Wardani, S.AB., M.Si., Koordinator Program Studi Operasionalisasi Perkantoran Digital saat launching. (Aziz/memo)

Blitar, Koranmemo.com - Program Studi (prodi) di Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar Blitar kini semakin lengkap. Tahun ini ada prodi Operasionalisasi  Perkantoran Digital (OPD). 

Dengan hadirnya Prodi OPD semakin menambah prodi akademi komunitas negeri yang berada di Jalan dr. Sutomo Kota Blitar ini. Sebelumnya sudah ada tiga prodi. Yakni Administrasi Server dan Jaringan Komputer (ASJK), Penyuntingan Audio Video (PAV) dan Pengolahan Hasil Ternak Unggas (PHTU). "Ya, kini ada total empat prodi. Ini sekaligus menjawab tantangan zaman dan dunia kerja," kata Direktur AKN Putra Sang Fajar, Dr. Drs. Halid Hasan, M.Strat.HRM., Selasa (27/9).

Kehadiran prodi anyar itu baru saja dilaunching, Selasa (27/9) di kampus AKN Putra Sang Fajar. Launching dihadiri, para dosen, tenaga kependidikan, para mahasiswa hingga pejabat Pemkot Blitar. Diantaranya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar, Drs. Tri Iman Prasetyono, M.Si. Launching yang dihelat pukul 11.00 itu berlangsung sukses, ditandai dengan disentuhnya layar utama oleh Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar,  Dr. Drs. Halid Hasan, M.Strat.HRM. disaksikan para hadirin. "Dengan ini saya nyatakan prodi OPD siap bersaing dan hadir di tengah masyarakat," katanya. 

Baca Juga: Begini Ketersediaan Pupuk Subsidi di Kediri Hingga Akhir Tahun

Menurut Dr. Drs. Halid Hasan, M.Strat.HRM., prodi OPD ini merupakan terobosan baru.  Bahkan nantinya diharapkan lulusannya berdaya saing dan diterima di dunia kerja. Dan AKN Putra Sang Fajar sudah mencetak sejumlah inovasi. Seperti dua tahun ini mengembangkan produk olahan unggas, bebek ungkep yang tahap uji kesehatan dan bakal diinisiasi pada tahun ketiga.  Ada pula menciptakan alat kontrol suhu. "Dan masih banyak lagi lainnya. AKN Putra Sang Fajar Blitar hadir untuk menjawab tantangan zaman," kata jebolan master dari Australia ini. 

Sementara itu,  Shanti Ike Wardani, S.AB, M.Si, koordinator program studi Operasionalisasi Perkantoran Digital menambahkan prodi baru nantinya akan menyiapkan mahasiswa kompeten dalam bidang perkantoran digital dan kewirausahaan. Pasalnya saat ini semua aktivitas perkantoran mengarah ke digital. Mulai dokumen, surat menyurat, foto dan lain sebagainya. Pada tahun ajaran kali ini prodi OPD juga sudah menerima mahasiswa, bahkan menyumbang hampir 50 persen dari total mahasiswa. "AKN Putra Sang Fajar juga dilengkapi laboratorium komputer perkantoran, laboratorium mini office, perpustakaan, ruang belajar, dan penunjang kegiatan akademik lainnya.

Selain itu ada pula, mata kuliah digital marketing, pengembangan konten, dan periklanan digital. AKN Putra Sang Fajar Blitar juga mendapatkan dana hibah atau Matching Fund dari Kemendikbudristek.  Dana hibah ini digunakan untuk membentuk inkubator bisnis, bermitra dengan Bappeda Kota Blitar. "Nah, Bappeda  kan ada lomba inovasi dan teknologi, nanti pemenangnya bakal  diasah  inkubator kami," katanya. Sebelum launching juga digelar Focus Group Discussion (FGD) program-program inovasi yang bersinergi dengan Bappeda Kota Blitar. 

Baca Juga: Edarkan Sabu, Warga Surabaya Ditangkap Satresnarkoba Polres Kediri Kota

 

Reporter: abdul aziz wahyudi 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gudang di Blitar Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:56 WIB
X