• Sabtu, 26 November 2022

Proteksi Konsumen dari Pedagang Nakal, Disperdagin Kota Kediri Gelar Sidang Tera, Ini Jadwalnya

- Selasa, 27 September 2022 | 21:53 WIB
Proteksi Konsumen dari Pedagang Nakal, Disperdagin Kota Kediri Gelar Sidang Tera, Ini Jadwalnya
Proteksi Konsumen dari Pedagang Nakal, Disperdagin Kota Kediri Gelar Sidang Tera, Ini Jadwalnya

Kediri, koranmemo.com - Maksimalkan perlindungan konsumen, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri jemput bola lakukan kegiatan Tera Ulang/Sidang Tera secara gratis di Kelurahan Pesantren, Selasa (27/9). Menurut Tintawati, Sekretaris Disperdagin Kota Kediri, kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat terutama kepada pemilik Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP). “Masyarakat yang punya UTTP tidak perlu jauh-jauh datang ke dinas untuk melakukan tera ulang, tapi dari Disperdagin yang mendatangi tempat aktivitas mereka,” terang Tintawati.

Di samping memaksimalkan pelayanan masyarakat, kegiatan yang melibatkan sebelas penera ini juga berfungsi untuk melindungi konsumen dari kecurangan saat berbelanja. “Disebut sidang tera karena kita lihat sejauh mana timbangan yang digunakan sesuai standar yang ada,” jelasnya. Hal tersebut sangat penting agar konsumen bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan massanya. Apabila terdapat timbangan yang tidak sesuai dengan standar, Disperdagin Kota Kediri akan merekomendasikan pemilik UTTP agar mereparasi ke petugas reparatif. Selanjutnya, petugas akan memberikan tanda berupa stempel tera ulang pada timbangan yang telah lolos sidang tera.

Menurut Tinta, pihaknya ingin mempertahankan predikat Kota Kediri sebagai penerima anugerah Daerah Tertib Hukum dari Kementerian Perdagangan RI yang diterima secara langsung oleh Walikota Kediri pada 31 Agustus lalu. Disperdagin Kota Kediri akan menggelar kegiatan tera ulang selama satu bulan mendatang. Adapun jadwalnya, tertera di bawah ini:

Baca Juga: AKN Putra Sang Fajar Blitar Launching Prodi Operasionalisasi Perkantoran Digital 

Kecamatan Pesantren:

26 September 2022: Pasar Bawang

27 September 2022: Kelurahan Pesantren

28 September 2022: Kelurahan Bangsal

Kecamatan Kota

29 September 2022: Pasar Banjaran

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Serunya Peringatan Hari Guru MAN 2 Kota Kediri

Jumat, 25 November 2022 | 18:05 WIB

Sertijab Kasat Lantas, Ini Pesan Kapolres Kediri Kota

Jumat, 25 November 2022 | 10:29 WIB
X