• Rabu, 30 November 2022

Anda Ingin Punya Anak yang Tangguh ? Berikut Ini Tips yang Bisa Anda Coba

- Rabu, 28 September 2022 | 09:14 WIB
Ilustrasi anak tangguh (unsplash)
Ilustrasi anak tangguh (unsplash)

koranmemo.com - Tangguh adalah kemampuan seseorang untuk segera bangkit dari pengalaman yang buruk atau kegagalan. Sebagai orang tua tentu kita menginginkan mempunyai anak dengan karakter yang tangguh.   

Anak tangguh adalah anak yang mampu bangkit dari keadaan yang tidak diinginkan seperti beradaptasi dengan teman-teman yang baru, dapat nilai jelek dan kenyataan lainnya.

Mengapa anak harus tangguh ? Karena anak yang tangguh akan  lebih cepat bangkit dari keterpurukan, Karakter tangguh akan membuat anak tidak gampang menyerah, mau berusaha kembali, mencoba lagi sekalipun belum berhasil.
 

Dengan memiliki karakter tangguh, sedikit kemungkinan anak akan mencoba menghindari masalah atau mengatasi masalah dengan cara yang tidak sehat,

Memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik adalah termasuk hasil pembentukan karakter tangguh. Namun kepribadian positif ini tidak otomatis dimiliki anak.

Agar anak memiliki karakter tangguh, berikut ini tips dari Vera Itabiliana Hadiwidjo P.si  melalui video yang diunggah akun Youtube @Mommies Daily :

 
1. Menanamkan percaya diri

 Agar anak tidak mudah menyerah kita harus memberi kesempatan berjuang kepada anak, dengan cara membiarkan anak mengerjakan kewajibannya, seperti membiarkan  anak berpikir dan berusaha untuk mengerjakan PR dari sekolah semampunya walaupun hasilnya jelek.
 
Di sini tugas dari pada orang tua adalah motivasi si anak agar lebih giat belajar, percaya diri dan lebih semangat lagi.

2. Melatih mandiri sejak dini.

Agar anak bisa mandiri kita sebagai orang tua harus cermat melatih anak agar hidup mandiri. Jangan karena sayang kepada anak apa yang anak inginkan selalu dipenuhi.
 
 
Biasakan anak untuk melakukan kegiatan sendiri seperti makan, minum, mandi, merapikan tempat tidur dan aktivitas lainnya.

3. Melatih berani berpendapat.

Melatih agar anak agar berani berpendapat dengan cara, kita biasakan menanyakan kepada anak tentang aktivitas harian. Dengan cara ini anak akan terbiasa mengeluarkan pendapatnya.

4. Melatih anak kritis

Mendidik agar anak menjadi kritis hampir sama dengan mendidik agar anak berani berpendapat.  Hanya saja yang lebih ditekankan kepada anak adalah alasannya. Dengan tujuan agar anak memiliki pikiran yang kritis dan selalu berfikir.

Semoga dengan tips ini akan lebih banyak orang tua yang tahu cara mendidik agar tangguh menghadapi tantangan zaman.***

Penulis: Malik Ibrahim Saleh
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba!

Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:33 WIB
X