• Kamis, 8 Desember 2022

Pembebasan Lahan Proyek JRRT Madiun Batal, Ada Apa?

- Kamis, 29 September 2022 | 11:44 WIB
Peta rencana pembangunan jalan ringroad timur (JRRT) yang digagas Madiun.
Peta rencana pembangunan jalan ringroad timur (JRRT) yang digagas Madiun.

 

Madiun, koranmemo.com - Anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan proyek jalan ringroad timur (JRRT) yang telah disiapkan Pemkot Madiun pada APBD 2022 batal digunakan. Dan anggaran dikembalikan ke kas daerah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Madiun Suwarno menjelaskan, anggaran dikembalikan ke APBD karena adanya kebijakan baru dari pusat.

Dokumen perencanaan pengadaan tanah yang semula tidak memerlukan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) ke pusat, dalam aturan barunya kini harus meminta persetujuan KKPR ke Kementerian ATR/BPN pusat.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Bank BRI, Butuh Karyawan Melalui BRILian Future Leader Program (BFLP) IT

Aturan baru tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 19 tahun 2021 tentang Ketentuan Pelaksanan PP 19 tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

"Untuk tahun 2022 ini, ploting pembebasan lahan JRRT kita kembalikan ke APBD karena adanya aturan baru dari Kementerian ATR/BPN," kata Suwarno, Kamis (29/9).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah meminta persetujuan KKPR ke Kementerian ATR/BPN pusat. Pun, dokumen persetujuan itu saat ini sudah berproses. Didalamnya, termasuk dokumen tata ruang kota dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Baca Juga: 5 Tips Liburan Low Budget Agar Keuangan Tetap Aman Yang Patut Kamu Coba

"Setelah itu jadi baru kita usulkan penetapan lokasi (penlok). Penlok sudah kita usulkan, cuma salah satu persyaratan ada penambahan KKPR, sehingga KKPR ini berproses di Kementerian tidak bisa 1-2 bulan," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KAI Daop 7 Madiun Tambah Satu KA Sambut Nataru 2023

Kamis, 24 November 2022 | 19:48 WIB

Lingkungan Sekolah di Kabupaten Madiun Harus Bebas Rokok

Selasa, 22 November 2022 | 21:05 WIB
X