• Rabu, 30 November 2022

Ada Beberapa Jenis Sayur yang Bila Dipanaskan Lagi Justru Muncul Bakteri, Ini Daftar dan Ulasannya

- Kamis, 29 September 2022 | 15:27 WIB
Sayur bobor bayam (https://resepkoki.id/)
Sayur bobor bayam (https://resepkoki.id/)

koranmemo.com - Jika kita tidak tahu teknik memasak sayur maka banyak sekali risiko yang diakibatkan karena bakteri.  Salah satu penyebab munculnya bakteri yang bisa menimbulkan penyakit adalah memanaskan sayur berkali-kali.

Sayur yang dipanaskan memang bertujuan untuk bisa dikonsumsi lagi sehingga tidak mubazir. Inilah yang ternyata justru memicu munculnya bakteri yang bisa berbahaya.

Ada sayur tertentu yang jika dipanaskan kembali akan memicu munculnya bakteri dan bisa menjadi racun untuk tubuh kita. Sayur-sayur inilah yang sering kita olah dan konsumsi sehari-hari. 
 
 
Bukan hanya bisa memicu munculnya bakteri, memanaskan makanan juga dapat menurunkan kadar nutrisi yang terdapat di dalam kandungan sayur tersebut termasuk vitamin C. Padahal vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Dari ulasan di atas, kita bisa tahu bahwa teknik memasak sangat penting agar gizi dalam sayur masih terjaga. Dan kamu juga harus tahu ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. 
 
Dilansir dari @briliofood.net, inilah jenis sayuran yang tidak baik bila dipanaskan lagi :
 
Baca Juga: Banyak Tradisi Unik di Indonesia untuk Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Salah Satunya Pohon Uang

1. Bayam

Sayur bayam memiliki manfaat yang sangat banyak, dan bayam memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Sayur bayam termasuk makanan yang banyak disukai orang, bukan hanya memiliki manfaat kesehatan bayam juga memiliki rasa yang enak. 
 
Bayam bisa dimasak dengan berbagai macam masakan yaitu dengan cara ditumis, sayur bening, dan juga bisa untuk bahan campuran gado-gado. Walaupun sayur bayam memiliki manfaat yang banyak, bayam juga bisa menjadi racun bagi tubuh, apabila dipanaskan ulang. 
 
Hal ini dikarenakan bayam mengandung nitrat yang tinggi sehingga jika dipanaskan ulang bisa membuat seseorang terkena kanker.
 
Baca Juga: Cara Dapat Promo Starbucks Cuma Bayar Rp 10.000, Buruan Hanya Berlaku Selama September!

2. Kentang

Kentang memiliki karbohidrat yang menyalurkan tenaga dalam tubuh. Maka dari itu jika kentang dipanaskan dengan cara digoreng berulang-ulang kita harus lebih berhati-hati karena kentang yang dipanaskan berulang kali akan mengalami oksidasi dan akan muncul bakteri yang dapat menyerang tubuh. 
 
3. Jamur

Jamur salah satu makanan yang sangat lezat, jika kita bisa mengolahnya dengan benar. Jamur juga merupakan jenis sayur yang akan menimbulkan bahaya jika dipanaskan kembali. 
 
Karena jamur yang dipanaskaan kembali akan mengubah protein dan akan menimbulkan gangguan pencernaan.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang tiap hari dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Dengan rasa yang enak dan banyak protein baik, membuat masyarakat lebih memilih telur sebagai makanan favorit. 
 
Selain memiliki protein, telur juga memiliki kandungan vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan juga B12. Dari semua protein yang banyak di dalam telur ada juga bahaya dalam mengkonsumsi telur jika telur dipanaskan berulang-ulang hal ini akan menimbulkan racun bagi tubuh.

5. Daging ayam

Daging ayam termasuk makanan yang sering dipanaskan, sebenarnya daging ayam yang dipanaskan tidak dianjurkan, karena komposisi protein yang ada di dalam daging akan menghilang dan akan menimbulkan masalah pencernaan.

6. Nasi

Nasi juga termasuk jenis makanan yang tidak bisa dihangatkan karena akan menimbulkan keracunan makanan. Hal ini disebabkan karena saat panas bakteri Bacillus cereus bisa terbunuh dan dari situlah akan muncul spora yang beracun.

7. Makanan bersantan

Makanan  bersantan termasuk makanan yang banyak disukai masyarakat indonesia. Namun jika memanaskan makanan santan juga tidak baik, karena makanan bersantan bisa menyebabkan lemak yang ada pada makanan kandungannya akan berubah menjadi lemak jahat dan bisa meningkatkan kolesterol.

8. Olahan daging

Kandungan dari olahan daging banyak memiliki bahan kimia zat pengawet. Dan jika olahan daging ini dihangatkan kembali menggunakan microwave hal semacam ini bisa membuat zat menjadi lebih buruk untuk kesehatan. Karena jika daging olahan dihangatkan kembali dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner.

9. Seledri

Banyak masyarakat menggunakan seledri untuk dicampurkan ke dalam masakan sup, agar menimbulkan aroma dan rasa makanan. Seledri banyak memiliki  manfaat untuk kesehatan tubuh kita, dan seledri juga bisa menimbulkan racun jika kita panaskan kembali, hal ini bisa terjadi. 
 
Karna seledri sama seperti bayam, yang memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi. Maka dari itu jika dipanaskan akan menimbulkan penyakit kanker.

Dari ulasan di atas, kita bisa lebih berhati-hati dalam memasak agar masakan kita bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat bukan malah sebaliknya..Semoga bermanfaat.

Penulis: Devi Ervina

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba!

Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:33 WIB
X