• Rabu, 30 November 2022

Simak ! Ada 3 Manfaat Olahraga Menurut Pandangan Agama Islam, Nomor 3 Paling Penting 

- Kamis, 29 September 2022 | 15:59 WIB
ilustrasi olahraga. (istimewa)
ilustrasi olahraga. (istimewa)
koranmemo.com -  Olahraga memiliki ikatan yang kuat dalam sejarah peradaban agama Islam. Olahraga memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Arab pada zaman dahulu sehingga olahraga banyak manfaatnya dalam pandangan Islam.

Agama Islam memandang pentingnya olahraga adalah untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Apapun jenis olahraganya yang penting olahraga positif pasti akan berpengaruh baik pada kesehatan.

Diambil dari laman @AL-KHAIRIYAH TV, pada zaman Rasulullah SAW, olahraga selain memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh kita juga sebagai benteng kekuatan untuk berperang guna mempertahankan agama Islam.
 
 
Ada tiga fungsi utama olahraga menurut pandangan agama Islam yang harus kita ketahui sebelum kita melakukan olahraga.

Pertama :
 
Kita bisa menjaga diri dari serangan musuh dalam segi apapun, selain itu kita juga selalu mendapatkan perlindungan dari allah SWT.  Dimana saja kita berada, pembelaan dan menjaga diri sendiri adalah tuntunan dasar, mempertahankan nyawa adalah salah satu dari lima hak yang harus kita lindungi dalam agama Islam.

Kedua :
 
Olahraga juga merupakan media menguatkan fisik untuk berjihad di jalannya Allah SWT. Perang bukan hanya adu strategi, tetapi kita juga harus memiliki ahli dalam segala hal termaksud kelincahan dalam segi apapun.
 
 
"kamu mengantarkan musuh allah dan musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya sedangkan Allah mengetahuinya"(QS al-Anfaal 8: 60).

Ketiga :
 
Fungsi olahraga adalah menjaga kesehatan tubuh, fisik yang sehat adalah anugrah yang diberikan oleh Allah. Karunia yang satu ini perlu kita syukuri sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, diberi kesehatan jasmani dan rohani.

Inilah mengapa Rasulullah SAW gemar dan sangat menyarankan kita sebagai pemeluk agama Islam untuk selalu berolahraga dimana pun dan kapan pun itu.

 
Selain banyak sekali manfaat yang akan kita dapat ketika kita berolahraga tidak hanyah untuk menghasilkan tubuh kita yang sehat, selain tubuh yang sehat kita juga dapat lebih meningkatkan ibadah agar tetap lancar.

Tidak heran bila Abu Hamid Al-Ghazali pernah berkata, "setelah belajar, anak harus di izinkan untuk berolahraga agar tidak bosan, melarang berolahraga dan memaksa seakan terus belajar hanyah akan mematikan hati dan mengikis kecerdasan anak".

Pentingnya olahraga tidak hanya bagi orang dewasa tetapi anak kecil juga sangat dianjurkan untuk berolahraga.  Sudah jelas, agama Islam sangat mengajurkan kita berolahraga.***
 
Penulis : Angga Prayuda

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba!

Jumat, 21 Oktober 2022 | 09:33 WIB
X